Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Lima Juta Akun Gmail Bocor Secara Online, 60 Persen Pengguna Aktif

MAJALAH ICT – Jakarta. Sekitar lima juta akun Google dan password nya, diduga telah bocor secara online. Setidaknya 60% dari akun yang ada tersebut masih bersifat aktif.

Disinyalir, sebagian besar pengguna akun yang dibobol berasal dari Rusia. Ini dapat diketahui dari file teks yang berisi database dari semua akun yang telah diunggah ke platform media platform sosial, Bitcoin Security Forum. Ornag pertama yang menunjukkan penampilan kebocoran adalah orang bernama tvskit pertama. Rincian nama dan password dapat memberikan akses tidak hanya ke Gmail, tetapi juga untuk layanan Google lainnya juga.

Menurut Cnews yang berbasis di Rusia, juru bicara kantor Google Rusia Svetlana Anurova mengatakan, "Para ahli sekarang mengetahui apa yang terjadi dalam kasus ini." Dia juga menegaskan agar pengguna untuk menggunakan password yang kuat dan memastikan untuk menggunakan otentikasi dua langkah.

Setelah munculnya pengungkapan tersebut, dilaporkan bawa sedikitnya ada enam juta akun dari Mail.ru, penyedia layanan internet di Rusia, yang dilaporkan dicuri.

Google sendiri menegakan. "Keamanan pengguna kami adalah sangat penting bagi kami. Kita tidak punya bukti bahwa sistem kami telah diretas, tapi setiap kali kita menyadari bahwa akun telah diganggu, kita ambil langkah-langkah untuk membantu pengguna kami mengamankan akun mereka," tegas Google.

Setelah kebocoran, raksasa teknologi informasi tersebut merilis sebuah blog-post yang berbunyi, "Kami menemukan bahwa kurang dari 2% dari username dan password kombinasi mungkin telah hilang, sistm otomatis anti-pembajakan kami akan memblokir mereka yang mencoba login dengan akun-akun tersebut. Kami telah melindungi akun yang terkena dampak dan telah para pengguna diminta untuk me-reset password mereka."