Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Lima Startups Terbaik Telah Lewati Bootcamp 48 Jam Ideabox

MAJALAH ICT – Jakarta. Melalui Ideabox, Indosat, kembali menyelenggarakan Program Akselerasi batch ketiga. Lima startups telah terpilih setelah mengikuti bootcamp selama 48 jam di Jakarta yang diikuti 25 peserta. Seluruh peserta bootcamp telah melalui proses seleksi yang ketat dari 300 aplikasi yang masuk, baik dari Indonesia maupun luar negeri. Para pemenang bootcamp akan bekesempatan mengikuti program akselerasi selama 4 bulan, yang akan dimulai bulan November nanti di Jakarta.

“Indosat berkomitmen untuk terus membangun ekosistem digital di Indonesia. Melalui Ideabox dan Dana Ventura Indosat-Softbank, kami ingin mendorong semangat para startups untuk meningkatkan inovasi dan kewirausahaan mereka. Harapan ke depan, Indonesia tidak hanya menjadi pengguna aplikasi tetapi juga pembuat aplikasi yang digunakan secara mendunia,” ujar Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat.

Prashant Gokarn, Chief Digital Service Officer Indosat menambahkan, “Ideabox telah banyak menarik perhatian industri selama 2 tahun terakhir dan telah menjadi referensi industri. Mitra global kami yang baru akan membawa startup ideabox ke level selanjutnya dengan memberikan nilai tambah melalui bimbingan tatap muka dan juga akses ke spesial aplikasi dan layanan. Melalui akses langsung ke perusahaan global seperti Facebook. Microsoft Bizspark Plus, IBM Soft Layer dan Growth Hacking Asia akan membuka kunci bagi startup ideabox untuk berkesempatan mendapatkan global best practice di segala aspek, mulai strategi, pengembangan produk sampai ke manajemen merek dan marketing. Ideabox telah menjadi akselerator berkelas dunia.”

Program akselerasi Ideabox memberikan modal awal sampai dengan 50,000 USD dan 4 bulan program dengan fasilitas khusus, bimbingan secara penuh, kurikulum terstruktur dan dan akses ke salah satu jaringan terbesar advisors lokal maupun internasional di Indonesia. Idebox fokus terhadap kualitas daripada kuantitas, oleh karena itu jumlah perusahaan terpilih mengikuti program ini akan dibatasi. Startups juga akan mendapatkan dukungan komersial yang kuat dari Indosat setelah lulus nanti untuk membantu mereka berkembang dengan cepat.

Lima startups yang berkesempatan masuk ke dalam Progam Akselarasi Indosat Ideabox adalah Sociabuzz (Sociabuzz.com), platform yang memfasilitasi para pemilik merek untuk mencapai target mereka melalui marketing influencer (akun social media). Kemudian ada Lakuin (lakuin.com) yang merupakan platform yang memungkinkan UKM untuk memperluas penawaran produk melalui e-commerce online, ada juga Ripple (ripple.co.id) yang sistem layanan online payment gateway yang terintegrasi di multi platform. Selain itu, Dheket (dheket.com) yang adalah  direktori bisnis yang dilengkapi dengan data lokasi yang berada dekat dengan pengguna, serta Karental (karental.id), platform penyewaan mobil online dan manajemen armada, masuk dalam barisan.

“Program akselerasi ideabox telah menjadi bagian terpenting dari ekosistem teknologi startup. Melalui program ini, kita telah membangun startup yang lebih baik, lebih kuat dan berkualitas untuk pendanaan tingkat lanjut. Kami menggabungkan kurikulum dengan bimbingan Mentor dan dukungan Komersial dari mitra-mitra kami untuk membantu Startups berkembang”, demikian disampaikan oleh Andy Zain, Managing Partner Mountain Kejora Ventures.

Untuk menarik startups pada batch ketiga, Ideabox telah melakukan roadshow di 8 kota di Indonesia – Jakarta, Medan, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Malang, Surabaya and Bali, dan berhasil menarik ratusan peserta dari komunitas startup dan komunitas developer. Roadshow juga telah menarik perhatian global. Salah satu dari 25 peserta bootcamp adalah Startup Singapura yang berfokus pada pasar Indonesia.

Ideabox adalah salah satu akselerator startup terkemuka di Indonesia yang merupakan kerjasama Indosat dan Mountain Kejora Ventures dan didukung oleh Ooredoo Group. Beberapa penghargaan Internasional telah di dapat antara lain dari International Business Award (The Stevies), Global Telecoms Business Innovation Award, dan Asia Communications Award.