Search
Selasa 23 Juli 2024
  • :
  • :

Logo Android ‘Kencingi’ Apple Muncul di Google Maps

MAJALAH ICT – Jakarta. Apple dan Google mungkin tidak menjadi sahabat yang baik, namun seseorang di Google mungkin telah mengambil langkah terlalu jauh dengan menyembunyikan gambar robot Android ‘mengencingi’ logo Apple dalam Google Maps.

Gambar, dapat ditemukan di dekat kota Rawalpindi, Pakistan dengan koordinat 33°30’52.5" N 73°03’33.2" E yang terlihat di Google Maps. Namun kemudian memang Google telah menghapus gambar yang menyinggung tersebut, meski masih tersisa pertanyaan mengenai siapa yang meletakkannya gambar di Google Maps tersebut dan sudah berapa lama.

Google mengatakan, "Kami telah menghentikan gambar Android tersebut dan akan menghilang dari Google Maps segera." Gambar memang dimungkin untuk diunggah karena diciptakan alat yang disebut Google Map Maker yang memungkinkan pengguna untuk membuat penambahan ke Google Maps, namun pengiriman tidak dimaksudkan untuk meletakkan gambar-gambar yang menyinggung Apple tersebut.

Bagi yang baru melihat, memang seolah-olah ada wilayah persis dengan bentuk robot hijau Android, namun ketika di switch dari Google Maps ke Google Earth, maka gambar tersebut menghilang, yang artinya secara kehidupan fisik tidak ada bangunan atau bentuk fisik yang menyerupai hal itu. 

Apple dan Google memang memiliki sejumlah perselisihan selama bertahun-tahun. Kasus terakhir terjadi adalah kaitannya dengan sistem operasi mobile Google Android dimana  Steve Jobs pernah dikutip mengatakan bahwa ia berencana akan "termonuklir atas Android". Namun ketegangan antara perusahaan telah terlihat telah dicairkan dalam beberapa tahun terakhir.