Search
Sabtu 13 Juli 2024
  • :
  • :

Malam Ini Dikabarkan SBY akan Luncurkan Fan Page Facebook dan YouTube

MAJALAH ICT – Jakarta. Selain akan ber-hangout melalui Google, berkomunikasi jarak jauh dengan Satgas Penanggulangan bencana di Aceh dan Riau, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan malam ini juga akan meluncurkan akun media sosial Facebook dan Youtube atas nama Presiden SBY dari Istana Bogor, Jawa Barat.

Demikian disampaikan Juru Bicara Kepresidenan Julian Pasha di Istana Bogor. "Rencananya pada malam ini diluncurkan Fans Page Facebook dan Youtube. Pada acara peluncuran akan ditampilkan tentang cara-cara penggunaan sarana teknologi informasi di jejaring sosial," ungkap Julian.

Ditambahkan Julian, ketersediaan akun media sosial akan membantu Kepala Negara menyampaikan informasi penting berkaitan dengan kegiatannya sebagai presiden. "Penggunaan sarana teknologi informasi di jejaring sosial untuk membantu penyampaian hal-hal penting dengan kegiatan Presiden SBY agar masyarakat dapat mengikutinya secara langsung media sosial,” kata Julian.

Yang menarik, baru akan membuka akun di jejaring sosial Facebook, namun Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sejatinya telah hadir di Facebook sejak 15 Juni 2009. Apakah ini memang benar dibuat oleh SBY sendiri atau tim, atau orang lainnya, tidak jelas. Yang pasti, di 2009, mungkin saja tim pemenangan SBY menganggap perlu menampilkan SBY sebagai kandidat Presiden dalam Pilpres yang digelar Juli 2009. Dari akun ‘Presiden SBY’ ini ada 8.962 menyukainya dengan 38 komentar mengenai hal ini.  

""Sebagimana diketahui, setelah punya akun Twitter, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan bakal segera memiliki akun pribadi di media sosial, Facebook. Kepastian itu diungkap oleh Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha. Menurut Julian, hal itu dilakukan SBY karena SBY ingin mendekati masyarakat. "Presiden memandang sebagian masyarakat sudah banyak yang aktif di Facebook," kata Julian. Soal kapan peluncuran, Julian mengaku masih belum mengetahui kepastiannya karena masih dipersiapkan oleh pihak istana. "Nanti diberi tahu," ujarnya. 

SBY sendiri resmi bergabung dan menggunakan microblogging Twitter melalui @SBYudhoyono pada 13 April lalu tepat pukul 19:25 WIB. Adapun kicauan pertama SBY adalah "Halo Indonesia. Saya bergabung ke dunia twitter untuk ikut berbagi sapa, pandangan dan inspirasi. Salam kenal. *SBY*," kicaunya. Dengan tanda *SBY* itu artinya, SBY langsung men-tweet sendiri, bukan oleh staf. Dari catatan MAJALAH ICT, jumlah follower saat Presiden SBY pertama berkicau mencapai 167.106.

Adapun twit kedua dari SBY adalah mengenai kecelakaan Lion Air yang gagal mendarat di Bali, dan masuk ke laut. "Terhadap kecelakaan Lion Air di Bali, saya telah instruksikan Menhub untuk merawat yang luka dan melakukan investigasi. *SBY*," tulis SBY.