Search
Rabu 26 Juni 2024
  • :
  • :

ManageEngine Meluncurkan Solusi Manajemen SaaS Bantu Perusahaan Mengatasi Dampak Banyaknya Penggunaan SaaS

MAJALAH ICT – Jakarta. ManageEngine, sebuah divisi dari Zoho Corp. dan penyedia solusi manajemen TI perusahaan terkemuka, hari ini mengumumkan peluncuran SaaS Manager Plus, sebuah solusi manajemen SaaS untuk perusahaan. SaaS Manager Plus terintegrasi secara mulus dengan aplikasi Zoho dan aplikasi lain yang banyak digunakan, sehingga membantu para admin TI dan manajer keuangan untuk menyederhanakan ekosistem SaaS mereka dan mengidentifikasi celah untuk menghemat biaya agar alokasi anggaran bisa lebih baik.

Tantangan dalam Lanskap SaaS Saat Ini

Gartner memproyeksikan pengeluaran untuk layanan aplikasi cloud publik (SaaS) di seluruh dunia pada tahun 2024 mencapai US$244 miliar, sejalan dengan pertumbuhan dari tahun ke tahun sebesar 19 persen. Dengan cepatnya peralihan organisasi ke aplikasi berbasis cloud, muncul tantangan besar bagi tim TI, yaitu banyaknya penggunaan SaaS. Perusahaan kesulitan menemukan semua aplikasi SaaS yang digunakan karyawan, mengelola izin aksesnya, dan memastikan penggunaan yang aman oleh seluruh tenaga kerja mereka yang tersebar secara geografis.

“Berdasarkan pengalaman kami selama ini dalam memfasilitasi inovasi berbasis komunitas di berbagai organisasi, kami bergulat dengan peningkatan jumlah aplikasi SaaS yang berfungsi sebagai alat pendukung bagi pengguna. Aplikasi-aplikasi ini tidak hanya sulit untuk dikelola secara manual, namun juga menambah pengeluaran TI kami. Kami membutuhkan perangkat canggih yang bisa membantu kami melacak invoice dan menemukan aplikasi-aplikasi tersebut, agar bisa menekan inefisiensi biaya yang disebabkan oleh banyaknya penggunaan SaaS,” kata Michael Coburn, Direktur Teknologi Informasi dan Keamanan NEAR Foundation.

Menguatkan Ekosistem SaaS

SaaS Manager Plus mengatasi tantangan tersebut secara langsung dengan menyediakan platform terpadu untuk manajemen SaaS. Teknologi ini menyederhanakan proses pencarian aplikasi, menerapkan kontrol akses, dan menawarkan insight yang berharga, yang memungkinkan tim TI mendapatkan kendali atas ekosistem SaaS mereka, mengoptimalkan biaya, dan memastikan keamanan data, sambil memastikan karyawan remote tetap produktif.

“Meskipun strategi multi-Cloud dan multi-SaaS menawarkan manfaat yang sangat besar, penggunaan sumber daya berbasis cloud dan peningkatan biaya yang tidak efisien dapat mengganggu operasional perusahaan. Memang pendekatan FinOps dapat membantu, namun sebagian besar perusahaan kesulitan untuk menyelaraskannya dengan praktik manajemen di bidang TI, keuangan, operasi, dll. Saas Manager Plus menghadirkan salah satu komponen utama FinOps ke ManageEngine, yang terus berkembang menjadi sebuah platform, sehingga dapat mengatasi tantangan tersebut bagi pelanggan kami. Peluncuran ini merupakan bukti komitmen kami untuk membantu perusahaan menyelesaikan masalah manajemen teknologi secara menyeluruh,” kata Rajesh Ganesan, Presiden ManageEngine.

Poin Keunggulan ManageEngine SaaS Manager Plus, meliputi mendapatkan gambaran menyeluruh secara langsung tentang semua langganan SaaS yang aktif, termasuk tingkat penggunaan, tanggal perpanjangan, dan biaya terkait. Mengidentifikasi langganan yang kurang dimanfaatkan dan peluang mengonsolidasikannya, sehingga menghasilkan penghematan biaya yang signifikan dan memaksimalkan ROI.

Mengintegrasikan dengan sistem manajemen identitas dan akses, perangkat lunak help desk, dan platform akuntansi sehingga tercapai integrasi alur kerja yang lancar dan peningkatan produktivitas. Menghasilkan laporan terperinci tentang tren pengeluaran untuk SaaS, tingkat penggunaan, dan rincian biayanya untuk memfasilitasi pengambilan keputusan dan perencanaan anggaran. Menerima peringatan dan wawasan proaktif tentang perpanjangan langganan yang akan datang, dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu melalui strategi pengoptimalan yang tepat waktu.

Harga dan Ketersediaan

Edisi Standar dan Gratis SaaS Manager Plus segera tersedia. Penetapan harga didasarkan pada jumlah pengguna. Harga untuk Edisi Standar mulai dari US$250 per tahun untuk 25 pengguna, dan Edisi Gratis mendukung hingga lima pengguna. Versi uji coba 30 hari yang berfungsi penuh juga tersedia di https://mnge.it/prsignup.