Search
Rabu 26 Juni 2024
  • :
  • :

Mengembangkan Bisnis Transportasi Online Di Daerah: Kisah Maxim dan Strategi Pelaku Bisnis

MAJALAH ICT – Jakarta. Kehadiran industri transportasi online telah memberikan warna baru kepada hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat. Layanan-layanan yang ditawarkan memberikan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari sehingga banyak diminati oleh masyarakat. Dari sinilah faktur supply dan demand muncul sehingga menarik kota-kota lain untuk menghadirkan layanan transportasi online.

Maxim sebagai salah satu aplikator transportasi online terbesar di Indonesia juga ikut mengembangkan jangkauan bisnisnya ke seluruh wilayah di Indonesia. Melalui program kerjasama bisnis Maxim, pelaku bisnis di berbagai wilayah di Indonesia dapat membuka layanan di kota-kota yang belum dijangkau oleh Maxim sebelumnya.

Program kerjasama bisnis Maxim bermula tahun 2019, dimana Kota Batu menjadi kota kerjasama bisnis pertama yang dimiliki Maxim. Hingga saat ini, lebih dari 140 kota telah terdaftar sebagai kota kerjasama bisnis Maxim.

Di antara 140 kota tersebut, kota-kota yang memiliki pertumbuhan signifikan adalah Kota Bukittinggi, Karawang Barat, dan Rangkasbitung. Tingginya minat masyarakat dalam menggunakan layanan Maxim sekaligus ikut menggerakkan roda ekonomi di wilayah tersebut. Masyarakat di kota-kota tersebut bisa menikmati layanan ini maupun bergabung menjadi mitra pengemudi.

Menurut Aris Mandianto selaku Head of Subdivision Maxim Bukittinggi, terjadi peningkatan yang cukup stabil dalam layanan yang dipesan di kota tersebut “Dari awal kehadiran Maxim di Kota Bukittinggi pada 12 Januari 2022 lalu, jumlah order yang diterima oleh mitra pengemudi rata-rata meningkat hingga 30% setiap tahun.” ujarnya.

Aris menambahkan bahwa peningkatan tersebut ditunjang dengan kegiatan promosi yang gencar dilakukan kepada masyarakat sekitar “Awal kehadiran kami di Bukittinggi pastinya tidak langsung mendapat banyak orderan, namun kami optimis dengan melakukan promosi dan activation dengan kode promo ke masyarakat agar tertarik untuk menggunakan layanan kami.” lanjutnya.

“Kami juga ikut memberikan layanan yang terjangkau dengan mengikuti aturan-aturan penentuan tarif dasar yang diterbitkan oleh pemerintah pusat. Kami juga melakukan pengenalan dan koordinasi dengan pemerintah setempat sebagai wujud kepatuhan kami selaku aplikator di wilayah ini kepada pemerintah setempat.” sambungnya.

Syarat program kerjasama bisnis adalah modal mulai dari Rp 15,000,000, memiliki badan hukum atau PT perseorangan, rekening bank, dan dokumen pendukung lainnya. Selain itu, calon mitra juga harus menyediakan kantor dan karyawan minimal 1 orang sebagai Kepala Cabang. Setelah seluruh persyaratan terpenuhi, pelatihan akan dilakukan mencakup pemetaan, strategi promosi, perekrutan pengemudi, dan lain-lain.

Kehadiran program kerjasama bisnis Maxim ini memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis daerah untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan bisnis Maxim di seluruh Indonesia. Selain membuka lapangan pekerjaan yang baru, program ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat di daerah-daerah lain untuk menikmati layanan transportasi online ini.