Search
Senin 10 Mei 2021
  • :
  • :

Mengenal Free Fire World Series, Kompetisi Esports Tingkat Dunia dari Garena

MAJALAH ICT – Jakarta. Garena, perusahaan platform internet dengan pertumbuhan tercepat di dunia, resmi mengumumkan Roadmap turnamen internasional untuk game Free Fire. Survivors di seluruh dunia termasuk Indonesia dapat menantikan tiga acara berskala internasional pada tahun 2021: dua edisi turnamen internasional unggulan Free Fire, Free Fire World Series (FFWS) pada bulan April dan November, serta Free Fire All Stars pada bulan Juli. Hadirnya ketiga rangkaian turnamen internasional ini kembali memperkuat komitmen Garena untuk terus meluncurkan konten menarik bagi komunitas Free Fire di seluruh dunia dengan konten esports premium yang kompetitif.

Garena Indonesia berharap bahwa team esports dari Indonesia bisa memiliki kesempatan untuk menjuarai ketiga turnamen tersebut. Christian Wihananto selaku Produser Game Garena Free Fire Indonesia mengungkapkan, “Garena dengan bangga mengumumkan roadmap Esports 2021 untuk Free Fire yang berisikan tiga rangkaian turnamen berskala internasional. Saat ini, tim-tim esports Indonesia sedang bertarung pada Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Spring. FFIM bertindak sebagai babak qualifiers untuk Indonesia sebelum nantinya, tim teratas akan mendapat kesempatan untuk maju ke kejuaraan FFWS mewakili Indonesia memperebutkan titel juara dunia Free Fire. Melihat hasil dari turnamen-turnamen Free Fire esports di Indonesia yang telah dilangsungkan sebelumnya, kami percaya bahwa tim-tim esports Indonesia mampu menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan di kompetisi tingkat dunia.“

Ketiga turnamen esports internasional 2021 untuk Free Fire merupakan kelanjutan kesuksesan turnamen tahun-tahun sebelumya. Dinobatkan sebagai “Esports Mobile Game of the Year” oleh The Esports Awards 2020, keseruan dari berbagai turnamen esports Free Fire terus menjadi event yang paling dinantikan oleh penonton dari seluruh dunia.

Turnamen Free Fire Continental Series (FFCS) Asia tahun 2020 lalu berhasil memperoleh lebih dari 2,5 juta Peak Concurrent Viewers (PCV). Free Fire juga menjadi konten game live kedua yang paling banyak ditonton di Youtube pada tahun 2020, dengan jumlah views untuk game Free Fire mencapai 72 miliar.

“Ketiga seri pertandingan Free Fire pada tahun 2021 akan menampilkan talenta Free Fire terbaik dari seluruh dunia untuk menguji keterampilan mereka di level tertinggi permainan Free Fire. Hadirnya turnamen-turnamen ini dapat kembali menghadirkan tontonan pertandingan Esports yang seru dan menggugah bagi seluruh penggemar Free Fire dimanapun, termasuk di Indonesia,” tambah Christian.

Pertandingan Akbar Kelas Dunia di Free Fire World Series dan All-Stars

Free Fire World Series (FFWS) adalah turnamen esports terbesar dan paling ikonik dari Free Fire. FFWS 2019 sendiri berhasil memperoleh lebih dari 2 juta peak concurrent viewers (PCV) online, dimana saat itu jumlah tersebut merupakan rekor dunia untuk pertandingan turnamen mobile esports menurut Esports Charts.

Dikarenakan adanya situasi pandemi global, pada tahun 2020 seri turnamen FFWS sempat digantikan oleh Free Fire Continental Series (FFCS) yang tetap mendapatkan animo penonton yang sangat baik. Tetapi, pada tahun 2021 FFWS akan kembali hadir dengan dua edisi sekaligus yang diadakan pada dua waktu terpisah, pada bulan April dan November. FFWS edisi April akan dimulai dengan Play-ins pada 24 April dan diakhiri dengan Final pada 1 Mei.

FFWS tahun ini digadang-gadang akan kembali dengan skala dan produksi lebih besar daripada tahun-tahun sebelumnya. Dari sebelumnya mencakup sembilan kawasan; Amerika Latin, Eropa, dan Asia di FFWS 2019; FFWS edisi April akan mempertemukan 22 tim dari 13 kawasan, beberapa diantaranya seperti Timur Tengah, Pakistan, dan Bangladesh. FFWS juga akan memperebutkan total prize pool sebesar USD 2.000.000 (sekitar 28 miliar rupiah) yang menjadi angka terbesar dalam sejarah turnamen esports Free Fire!

Untuk menandai kembalinya FFWS pada bulan April, Garena memperkenalkan logo baru untuk FFWS. Logo baru yang ramping menampilkan “W” dan “S” yang saling terkait merupakan inisial dari “World Series” – yang mengingatkan pada nyala api dari obor yang menyala – lambang harapan, keberanian, dan kekuatan. Rancangan trofi turnamen juga akan mencerminkan logo FFWS yang baru.

Selain itu, di antara kedua edisi FFWS April dan November, Garena juga akan mengadakan Free Fire All Stars di bulan Juli, dimana para influencer top dan pemain profesional dari seluruh dunia akan bertanding dalam dua segmen pertandingan. Para penonton dapat menantikan banyak interaksi menarik dan momen tak terlupakan saat tokoh-tokoh paling terkenal dari komunitas Free Fire bertarung bersama dan melawan para pemain profesional.

Free Fire menjadi mobile game yang paling banyak diunduh secara global pada tahun 2020 di iOS dan Google Play Store, tahun kedua berturut-turut Free Fire menduduki peringkat teratas. Komunitas Free Fire pun terus berkembang, game ini telah mencapai rekor baru dengan lebih dari 100 juta pengguna aktif harian pada tahun 2020.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *