Search
Rabu 26 Juni 2024
  • :
  • :

Menggunakan TikTok untuk Kebaikan, Inilah program TikTok Change Makers

MAJALAH ICT – Jakarta. Setiap hari, kreator TikTok di seluruh dunia terus menciptakan dampak positif baik di dalam maupun di luar platform. Dampak positif ini juga dirasakan di Indonesia berkat upaya para kreator yang sering berbagi edukasi dan inspirasi bagi komunitas TikTok melalui unggahan mereka. Kedua kreator pembawa perubahan positif ini antara lain Vina Muliana (@vmuliana), yang sering berbagi tips praktis seputar dunia pekerjaan agar para mahasiswa dan first-jobber dapat mengembangkan kariernya, serta Halimah (@dailyjour), ibu muda yang terus mengadvokasi pola pengasuhan anak secara lembut (gentle parenting) demi melawan toxic parenting.

Memupuk komitmen kami untuk membangun komunitas global yang terus bersemangat menggunakan TikTok untuk kebaikan (#TikTokforGood), kami perkenalkan program “TikTok Change Makers”. Program global pertama dari TikTok ini menyorot sejumlah kreator dan lembaga nirlaba yang terus menciptakan perubahan berarti di komunitas mereka melalui TikTok. Selama enam bulan ke depan, kami akan mendukung para “Change Maker” ini dalam perjalanan mereka membangun komunitas yang interaktif, menjangkau audiens baru, serta membuka peluang di dunia nyata. Kami akan menyediakan perangkat, sumber daya, dan donasi khusus kepada organisasi nirlaba yang telah ditunjuk untuk dapat membantu para “Change Maker” ini menciptakan dampak yang lebih besar bagi isu yang mereka usung.

Memperkenalkan para TikTok Change Makers

Untuk merayakan peresmian program ini, kami ingin mengumumkan daftar TikTok Change Makers global perdana yang terdiri dari 50 kreator penggerak perubahan dari seluruh dunia. Baik itu untuk menyebarkan hal positif atau berbagi kebaikan, para Change Makers ini terus mengadvokasi, menginspirasi, dan mengedukasi komunitas mereka untuk mendorong perubahan di TikTok dan di dunia nyata.

Simak profil dari dua TikTok Change Makers asal Indonesia untuk mempelajari lebih lanjut tentang perjalanan mereka yang luar biasa di TikTok. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang para Change Makers dari seluruh dunia.

Halimah (@dailyjour), Indonesia Halimah, seorang mantan guru Sekolah Menengah Pertama (SMP), mulai membagikan pentingnya pola asuh yang lembut (gentle parenting) sejak akhir tahun 2021 di TikTok. Saat ini, Halimah telah membantu lebih dari 1,2 juta pengikutnya di TikTok untuk memahami praktik pengasuhan anak yang baik, menawarkan ruang bagi para orang tua untuk berdiskusi, dan mendukung pencegahan pola pengasuhan yang buruk (toxic parenting). Halimah berharap dapat memberdayakan generasi masa depan membangun dinamika keluarga yang sehat dan penuh kasih.

Vina Muliana (@vmuliana), Indonesia Seorang profesional di bidang HRD, Vina Muliana dikenal akan tips dan saran praktisnya tentang karier yang ia unggah di TikTok. Konten Vina yang berfokus pada kiat dan strategi terkait pekerjaan yang dikemas secara menarik dan informatif telah membantu jutaan pengikutnya di TikTok. Konten Vina yang telah membuka pintu bagi para pencari kerja di seluruh Indonesia mengantarkannya menjadi salah satu penerima “30 under 30” dari majalah Forbes serta pemenang kategori “Best of Learning and Education” di TikTok Awards Indonesia 2021.

Mendukung isu penting bersama organisasi nirlaba melalui TikTok Change Makers Grant

Sebagai platform yang merayakan kreativitas dan ekspresi autentik, TikTok menyatukan para kreator, organisasi nirlaba, dan bisnis dengan visi yang sama untuk menggalang dukungan, meningkatkan kesadaran, dan dana untuk isu penting. Lebih dari 50.000 unggahan yang telah dibagikan pengguna lewat tagar #TikTokforGood menunjukkan kekuatan komunitas TikTok yang ingin mendorong perubahan berkmana dan membuka dampak nyata bagi sesama.

Sejalan dengan upaya kami untuk terus menjalin kemitraan yang berarti antara kreator dan organisasi nirlaba, kami juga memperkenalkan TikTok Change Makers Grant sebagai bagian penting dari program TikTok Change Makers. Melalui dana hibah ini, kami mendonasikan lebih dari $1 juta kepada lebih dari 30 organisasi nirlaba global dan lokal yang mendukung berbagai macam isu penting, serta memberikan donasi langsung sebesar $25.000 atas nama para Change Maker untuk mendukung advokasi mereka sembari sambil meningkatkan dampak dari upaya mereka.

“Komunitas global TikTok memanfaatkan ekspresi diri kreatif untuk mendorong dampak positif dengan menggalang dukungan, meningkatkan kesadaran, dan memperjuangkan berbagi isu yang mereka kedepankan. Kami bangga meluncurkan program TikTok Change Makers untuk membantu para kreator dengan isu sosial dan organisasi nirlaba terhubung dengan lebih banyak komunitas, membuka peluang nyata, dan menciptakan perubahan yang berarti dan berkelanjutan,” kata Kim Farrell, Head of Creators TikTok.

“Ketika mulai aktif di TikTok pada tahun 2021, saya memastikan akun pribadi saya memperlihatkan privilese yang saya miliki; status keuangan yang baik dan stabil, lingkungan yang mendukung, dan akses ke informasi — hal yang tidak dimiliki oleh kebanyakan ibu di Indonesia. Karenanya, saya membagikan perjalanan, pengetahuan, pengalaman, dan informasi tentang bagaimana dan di mana para Ibu dapat mendapatkan bantuan sebagai cara saya untuk berbagi privilese yang saya miliki kepada sesama. Sepanjang perjalanan saya, banyak profesional seperti psikolog, psikiater, terapis, dan dokter yang saya temui melalui TikTok menawarkan bantuan mereka yang kemudian saya hubungkan dengan para ibu yang membutuhkan. Hal ini kami lakukan di Lingkaran Aman, di mana komunitas ini tumbuh semakin besar setiap harinya berkat TikTok,” ungkap Halimah, kreator TikTok.

Hal serupa juga disampaikan kreator TikTok, Vina Muliana yang mengatakan, “Saya menggunakan TikTok untuk berbagi kebaikan lewat tips karier yang praktis dan berguna bagi generasi muda di Indonesia, khususnya bagi mereka yang kesulitan menemukan pekerjaan.”

“Kami sangat bersemangat mengumumkan kolaborasi kami dengan TikTok untuk meluncurkan program Change Makers. Melalui inisiatif ini, kami memberdayakan para remaja ASEAN untuk menyuarakan pendapat mereka terkait isu-isu penting seperti kesejahteraan, keberlanjutan, dan dampak terhadap masyarakat. Bersama-sama, kami memanfaatkan kekuatan kreativitas untuk mendorong advokasi yang bermakna dan memperkuat suara remaja yang penuh semangat. Kami percaya bahwa program ini memiliki potensi untuk melibatkan lebih banyak lagi agen perubahan muda dan menginspirasi mereka untuk membuat perbedaan positif di komunitas mereka,” jelas Dr Piti Srisangnam, Executive Director ASEAN Foundation.

Memanfaatkan #TikTokforGood bersama para Change Makers

Melalui Program TikTok Change Makers, kami ingin menampilkan beragam suara dan kekuatan komunitas global TikTok saat mereka mengedukasi, mengadvokasi, dan menginspirasi komunitas yang ada guna mendorong perubahan yang bermakna, positif, dan berkelanjutan.

Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat membantu mewujudkan perubahan nyata dengan mengunjungi laman “TikTok Change Makers”, yang berisikan berbagai program inspiratif serta kisah berdampak selama enam bulan ke depan di TikTok. Bergabunglah dengan sesama Change Makers untuk memperjuangkan kebaikan sehari-hari menggunakan #TikTokforGood.