Search
Selasa 25 Juni 2024
  • :
  • :

Menkominfo Ajak Generasi Muda Buat Aplikasi Kreatif dan Bermanfaat

MAJALAH ICT – Jakarta. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak generasi muda Indonesia untuk membuat aplikasi yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat. “Kita harus berani membuat sesuatu yang tidak dipikirkan orang namun bermanfaat bagi banyak orang,” katanya saat berkunjung ke Pameran Solusi Desa Broadband Terpadu di Aula Panca Gatra, Lemhanas, Jakarta.

Bagi Menteri Rudiantara, setiap karya aplikasi berbasis teknologi informasi seharusnya dapat dimanfaatkan untuk memudahkan kehidupan sehari-hari dan menjadi solusi dari setiap masalah tertentu. “Aplikasi itu applicable yang kegunaannya bisa dimanfaatkan,” ujarnya.

Direktur Pengembangan Pita Lebar Kementerian Kominfo Ismail menyatakan pameran ini merupakan rangkaian Program Solusi Desa Broadband Terpadu. Dalam pameran ini, disajikan ide dan konsep mengenai penanganan masalah di desa nelayan, pertanian dan tertinggal.

Ismail menekankan bahwa selain ide/ konsep, konsistensi juga diperlukan dalam menjalankan program Solusi Desa Broadband Terpadu sehingga output dapat dirasakan banyak pihak. “Kita coba dulu piloting dan kami menggandeng teman-teman lain di kementerian lainnya. Dengan adanya waktu untuk uji coba sebelum implementasi secara masif, penyesuaian-penyesuaian dapat dilakukan. Bisa jadi ada adjustment lagi sesuai dengan kondisi riil,” jelasnya.

Ismail mengatakan bahwa Solusi Desa Broadband Terpadu adalah sebagai suatu sejarah dalam teknologi informatika di Indonesia. “Ini sebuah histori karena ini langkah yang sangat penting dan menjadi gelombang baru bagi implementasi ICT di Indonesia,” katanya.

Ia menjelaskan posisi Kementerian Kominfo adalah mendorong sektor-sektor bidang lainnya seperti bidang pertanian maupun nelayan agar berkembang sesuai dengan target pemerintah. “Kominfo punya kompetensi untuk mendorong networking/ jaringan yang bisa digunakan masyarakat desa, device apa yang dibutuhkan masyarakat, kemudian capacity building,” pungkasnya.