Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Menkominfo Apresiasi Google Ikut Berusaha Tingkatkan Perekonomian Indonesia

MAJALAH ICT – Jakarta. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi upaya Google turut serta meningkatkan aktifitas perekonomian Indonesia, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Hal itu ia sampaikan dalam Peluncuran Program Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat Digital (Gapura Digital) 2017 di Ballroom Ciputra Artpreneur, Jakarta.

“Apresiasi untuk Google. Ini adalah suatu usaha yang diinisiasi Google untuk bagaimana meningkatkan aktifitas perekonomian kita di Indonesia,” kata Menteri Rudiantara.

Program Gapura Digital tersebut ditujukan untuk membantu para pelaku UMKM memiliki kesiapan berkembang di lingkungan bisnis dalam dunia digital, sehingga dapat berkontribusi dalam peningkatan GDP dan perekonomian Indonesia. Program tersebut, menurut Menteri Kominfo, sejalan dengan rencana pemerintah dalam pengembangan UMKM. “Pemerintah sekarang memang sedang fokus mengembangkan UMKM. Ini harus jadi bagian dari perkembangan ekonomi, khususnya ekonomi digital,” katanya.

Menurut Rudiantara, UMKM adalah kelompok ekonomi yang paling kuat dan tahan terhadap serangan global. “Kelompok UMKM ini boleh dikatakan yang paling kuat dari serangan-serangan ekonomi, kalau ada misalkan serangan ekonomi turmoil, ini paling kuat. Dihajar apa aja dia kuat, stabil,” paparnya.

Rencana pemerintah dalam pengembangan UMKM ke arah digital tersebut, menurut Menkominfo, tidak hanya disiapkan dari sisi pemanfaatan digitalnya saja. “Pemanfaatan digital itu salah satu cara marketing tools, agar lebih cepat lebih mudah dan sebagainya, biar diakses lebih banyak,” tegasnya.

Aspek lain yang juga didorong pemerintah dalam pengembangan tersebut adalah dari sisi jaringan. “Kami, Kominfo akan terus mendorong pengembangaan jaringan. Saat ini sudah 400 kota dari 500 kota yang harus kita bangun. Targetnya 2019 seluruh kabupaten dan kota harus sudah akses broadband, baik mobile broadband maupun fix broadband,” jelasnya.

Setelah Palapa Ring selesai di tahun 2019, lanjut Rudiantara, juga sedang disiapkan agar tahun 2021 nanti pemerintah dapat memiliki satelit sendiri. “Bukan satelit komunikasi yang sekarang dioperasikan operator, tapi satelit khusus internet. Tahun 2021 harusnya tidak ada lagi pojok-pojok di Republik ini yang tidak bisa dijangkau internet,” tandasnya.

Di akhir sambutan, Menteri Rudiantara sempat melontarkan tantangan bagi Google untuk melaksanakan program Gapura Digital tersebut di daerah-daerah terluar Indonesia, setelah Palapa Ring rampung. “Kalau kita berhasil di Desember, saya challenge Google untuk adakan Gapura Digital misalnya di Natuna,” tantang Rudiantara