Search
Rabu 26 Juni 2024
  • :
  • :

Menkominfo Berterima Kasih atas Kemenangan JaWAra Internet Sehat di Ajang WSIS Prizes 2024

MAJALAH ICT – Jakarta. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi memberikan ucapan selamat dan apresiasinya atas kemenangan JaWAra Internet Sehat sebagai Winner (pemenang utama) pada kategori C4 – Capacity Building dalam agenda WSIS+20 Forum High Level Event di ajang the World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2024 yang diselenggarakan pada 28 Mei 2024, di Jenewa, Swiss.

JaWAra Internet Sehat merupakan sebuah program literasi digital yang diinisiasi ICT Watch bersama WhatsApp Indonesia dengan dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), UNICEF Indonesia, Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Relawan TIK. Dengan melibatkan 160 anak muda dari seluruh Indonesia, JaWAra Internet Sehat mendorong gerakan literasi digital dengan pendekatan kearifan lokal, sehingga dapat lebih mudah diterima masyaraka

Menteri Budi Arie yang menyaksikan penyerahaan penghargaan WSIS Prizes tersebut menyampaikan apresiasinya. “Literasi digital merupakan agenda prioritas yang memerlukan kerja bersama seluruh pemangku kepentingan. Untuk itu saya mengapresiasi setinggi-tingginya inisiatif ICT Watch melalui program JaWAra Internet Sehat. Program ini telah berkontribusi nyata dalam mendukung peningkatan literasi digital di Indonesia,” ujarnya. Dirinya pun memberikan selamat kepada ICT Watch, WhatsApp Indonesia dan seluruh JaWAra Internet Sehat atas penghargaan yang diterima dari PBB tersebut. Semoga inisiatif dari Indonesia ini dapat menginspirasi dunia, dan tentu saja terus berdampak positif bagi masyarakat Indonesia”.

Menteri Budi Arie hadir menyaksikan penyerahan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU), Doreen Bogdan-Martin, kepada Direktur Eksekutif ICT Watch, Indriyatno Banyumurti, sebagai inisiator JaWAra Internet Sehat. Penyerahan penghargaan yang dihadiri secara langsung oleh Menteri Budi Arie ini juga mendapat dukungan penuh dari Perwakilan Tetap RI di Jenewa.

Terdapat 18 kategori program dan inisiatif yang dikompetisikan dalam ajang WSIS Prizes dan masing-masing memiliki 1 Winner (pemenang utama) dan 4 Champion. Para pemenang tersebut harus melalui mekanisme verifikasi awal, vote online dan penilaian akhir oleh dewan juri pakar yang ditunjuk oleh ITU – PBB.

Prestasi ini sekali lagi menorehkan capaian gemilang Indonesia dalam ajang WSIS Prizes. Sebagai penyandang predikat Winner, JaWAra Internet Sehat terbukti telah melakukan kerja dan kinerja terbaiknya di mata dewan juri pakar, mengungguli 360 inisiatif program lain yang menjadi nominator dalam ajang WSIS Prizes 2024.