Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Menkominfo Nyatakan Google Indonesia Tidak Berbisnis Iklan

MAJALAH ICT – Jakarta. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bahwa Google yang ada di Indonesia tidak berbisnis iklan. Bisnis iklan Google dijalankan oleh Google Singapura. Sehingga menurutnya, memang agak sulit mengenakan pajak ke perusahaan internet raksasa ini. Meski begitu, Rudiantara mengaku akan mengecek ke Kementerian Keuangan mengenai aturan perpajakan ini.

"Yang bisnis iklan adalah Google Singapura. Nanti saya cek ke Kemenkeu dulu pembahasannya di mana, mentoknya di mana," jelas Rudiantara. Ditambahkannya, pihaknya akan menunggu mekanisme penerapan sistem perpajakan bagi Google Indonesia.

Rudiantara sendiri berkeras mengenai rencana Kemenkeu yang ingin menerapkan bentuk usaha tetap (BUT), karena hal itu tidak bisa secara asal diterapkan. "Harus taking to account istilahnya, aspek tax treaty antarnegara. Saya harus bicara dengan Kemenkeu lagi," yakinnya.

Diungkapkanya juga, upaya mengenakan pajak ke Google Indonesia sebagai salah sasaran, hal itu karena Google Indonesia bukan berbisnis iklan. Katanya, Google Indonesia bukan merupakan unit yang menerima pemasangan iklan. Bisnis iklan ditangani langsung oleh Google Singapura, meski Google memilik kantor di Indonesia. 

"Tapi prinsipnya kalau orang bisnis harus bayar pajak dan saya sampaikan kepada OTT internasional dimana pun orang bisnis harus bayar pajak. Bahwa pajaknya bagaimana, besaran dan caranya itu, harus jelas aturan dari negara-negara masing-masing," pungkasnya.