Search
Kamis 23 September 2021
  • :
  • :

Menuju Industri Farmasi 4.0, Bagaimana Transformasi Digital dapat Optimalkan Operasi dan Hemat Biaya

MAJALAH ICT – Jakarta. Kesehatan populasi global selalu bergantung pada industri farmasi, tetapi tidak pernah begitu tinggi seperti pada puncak pandemi virus korona. Jarang sekali yang ditanyakan tentang industri dalam jangka waktu yang begitu singkat, dan dengan taruhan yang begitu berbahaya. Dalam menghadapi tuntutan generasi masa pandemi ini, produsen vaksin menjadi semakin sadar bahwa mereka perlu membayangkan kembali operasi mereka dan merangkul kemajuan terbaru dalam proses digitalisasi.

Pengembangan proses di industri farmasi sekarang melibatkan lebih banyak pengambilan keputusan dan penilaian risiko yang didorong oleh data daripada sebelumnya. Di bawah model process development terbaru, perusahaan menggunakan lebih banyak data, otomatisasi, dan pemodelan untuk mengurangi risiko dan menetapkan strategi kontrol yang holistik dan dapat dialihkan.

Waktu industri ke pasar sesingkat sebelumnya, dan waktu siklus pengembangan menyusut. Peningkatan proses ini mempersiapkan industri untuk memenuhi kebutuhan apa pun yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang berarti masa depan yang lebih aman dan lebih sehat untuk semua.

Pabrik masa depan

Di pabrik yang akan datang, data mendorong tindakan. Saat proses kompleks sedang berlangsung, sensor dan perangkat membuat aliran data yang konstan, menghasilkan snapshot real-time dan riwayat digital dari proses tersebut. Analis data dan manajer proses kemudian dapat menggunakan riwayat digital ini untuk membuat pendekatan machine learning sehingga dapat memelihara dan mengoptimalkan mesin.

Dalam beberapa tahun terakhir, International Society for Pharmaceutical Engineering telah menyelenggarakan kelompok kerja plug and produce yang merupakan bagian dari inisiatif yang lebih besar untuk menerapkan konsep manufaktur Farmasi 4.0 di seluruh industri. Saat ini, perubahan kolaboratif bertahap dan signifikan terjadi di seluruh ekosistem farmasi, termasuk produsen peralatan, penyedia solusi perangkat lunak, dan regulator.

Karena semakin banyak alat dan solusi tersedia untuk mendukung manufaktur plug-and-produce, bisnis dengan pendekatan data digital di seluruh perusahaan akan dapat mengintegrasikan peralatan baru dengan mudah dan bergerak menuju pengambilan keputusan berbasis data untuk mengoptimalkan operasi mereka dan mengurangi biaya.

Transformasi digital

Meletakkan dasar untuk transformasi digital bukanlah upaya kecil, tetapi potensi hasilnya sangat besar. Pabrik yang beroperasi pada satu sumber data dapat melakukan analisis secara real-time dan mendalam, yang pada gilirannya mendorong hasil utama seperti:

  • Waktu yang lebih singkat untuk memasarkan
  • Pengembangan obat yang lebih murah, berpotensi menghasilkan penghematan bagi konsumen dan masyarakat luas
  • Kolaborasi dan berbagi data yang lebih baik antara inovator dan produsen kontrak
  • Pergeseran dari pemeliharaan terjadwal ke berbasis kondisi yang lebih efisien, dan kemudian akan menjadi strategi pemeliharaan berbasis prediktif
  • Kemampuan yang lebih besar untuk mengidentifikasi fase atau transisi dalam proses berkelanjutan dan menetapkan KPI
  • Peningkatan visibilitas ke dalam kualitas produk selama seluruh proses manufaktur, tidak hanya di akhir siklus

Perjalanan menuju ‘Farmasi 4.0’

Dari analitik canggih hingga kecerdasan buatan (AI), banyak teknologi memiliki kekuatan untuk mengubah cara pabrik farmasi beroperasi. Dengan mengambil langkah-langkah kecil, produsen dapat menggunakan teknik baru untuk memenuhi standar Farmasi 4.0, meningkatkan produksi, dan mengurangi waktu siklus dengan mempertahankan kualitas produk.

Tentukan tujuan

Pabrik masa depan akan dibentuk oleh tujuan dan prioritas bisnis. Baik itu OEE (Overall Equipment Effectiveness) atau KPI lainnya, pabrik harus bekerja menuju tujuan yang jelas dan terukur. Berkat alat dan teknologi baru, perusahaan farmasi selalu siap untuk melewati tonggak pencapaian yang ambisius. Dengan menetapkan kombinasi tujuan jangka pendek dan jangka panjang, dan bercita-cita untuk memperluas tujuan, perusahaan dapat mendorong batas-batas dari apa yang sejauh ini mungkin.

Mencocokkan budaya dan teknologi

Memenuhi standar baru Farmasi 4.0 untuk manajemen kualitas membutuhkan upaya tim. Pabrik masa depan menuntut tenaga kerja yang terlibat, termasuk semua orang mulai dari CEO hingga pekerja di lantai pabrik. Untuk sepenuhnya terlibat, pemangku kepentingan memerlukan akses untuk memproses data secara real time. Akses ke data real-time memberi pemangku kepentingan wawasan kritis ke dalam operasi mereka, memungkinkan mereka untuk memecahkan masalah kritis. Bagi banyak perusahaan, peningkatan jumlah orang yang dapat mengakses data real-time akan menjadi pergeseran budaya. Namun, dengan memberikan otonomi kepada setiap pengguna untuk membuat keputusan, produsen dapat memberdayakan lebih banyak orang untuk membawa perubahan yang nyata dan bermanfaat.

Fokus pada orang dan kemampuan

Mengubah pabrik dengan manusia dan teknologi membutuhkan tim dengan kemampuan teknis yang tepat. Baik itu tim teknis untuk merencanakan dan menerapkan sistem baru atau pengguna akhir yang akhirnya mengadopsinya, penting untuk membangun tim yang terdiri dari individu terlatih yang mampu merintis strategi baru. 

Tutup lingkaran di lantai produksi

Saat bekerja menuju tujuan pabrik masa depan, penting untuk memperhatikan orang-orang di lantai produksi. Ini lebih dari sekadar mencari adopsi pengguna; di seluruh organisasi, pekerja perlu memahami bagaimana teknologi dan perubahan proses akan menguntungkan mereka. Apakah itu akan membuat pekerjaan mereka lebih mudah? Akankah itu memberi mereka visibilitas yang tidak mereka miliki sebelumnya?

Bagaimanapun, orang-orang di lantai produksilah yang paling memahami prosesnya. Inilah orang-orang yang akan mendapatkan manfaat paling besar dalam data baru ini, dan wawasan baru yang diberikannya. Perusahaan farmasi membutuhkan umpan balik dan keahlian dari para ahli materi pelajaran mereka untuk menciptakan strategi terhubung yang melayani keuntungan.

Rencanakan besar, jalankan kecil

Fasilitas manufaktur memiliki kendala alami dan hanya dapat berkembang begitu cepat. Meskipun tergoda untuk langsung melakukan setiap proses, prosedur, dan alat baru, transformasi yang berarti tidak dapat terjadi dalam semalam. Merencanakan serangkaian langkah sederhana dan bertahap memungkinkan operasi untuk mengukur keberhasilannya dan membuat modifikasi di sepanjang jalan.

Memulai dari yang kecil, bukan berarti tidak bisa merencanakan yang besar. Mencapai pabrik masa depan akan membutuhkan pendekatan gambaran besar yang memprioritaskan arsitektur perusahaan, infrastruktur dasar, dan skalabilitas. Rencana jangka panjang tidak hanya berfungsi sebagai peta jalan untuk masa depan, tetapi juga membantu perusahaan meletakkan dasar yang tepat untuk membangun.

Untuk pertama kalinya, perusahaan farmasi mendemokratisasi data dan wawasan untuk merampingkan proses, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan penyembuhan tingkat lanjut dalam waktu yang lebih singkat. Dengan bantuan alat yang tepat dan strategi manajemen perubahan, filosofi 4.0 dapat mendorong transformasi organisasi yang sebenarnya.

*Ditulis oleh Perry Zalevsky, Senior Director, Industry AVEVA.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *