Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Microsoft Xbox One Akui Keunggulan Sony PS4

MAJALAH ICT – Jakarta. Seolah-olah bersaing di awal-awal peluncuran yang tidak begitu jauh waktunya, dengan menggapai jutaan pengguna, namun akhirnya Microsoft yang menggelontorkan Xbox One harus mengakui keunggulan produk Sony dengan konsol PlayStation 4. 

Menurut Chief Marketing dan Strategy Officer dari Microsoft, Yusuf Mehdi, diakui penjualan Xbox One tertinggal di bawah Playstation 4. Alasannya, ujarnya, memang snagat tidak rasional. Dikatakan Mehdi, alasan pertama yang berkisar pada beda jumlah pasar antar keduanya yang cukup signifikan. Playstation 4 sudah terjual di lebih dari 40 negara, sementara Xbox One berkutat di 13 negara rilis pertama. Microsoft baru hendak memperluas pasar ini pada bulan September 2014 mendatang dengan “menginvasi” Jepang dan 25 negara lainnya.

Sementara alasan lainnya, diungkap Mehdi, Xbox One tidak terlihat menarik karena sebagian besar gamer Xbox 360 sangat menikmati konsol mereka tersebut dan tidak ingin berpindah ke generasi baru dengan cepat. Sementara di sisi lain, Mehdi juga mengatakan menyebut bahwa para pemilik Playstation 3 harus berpindah cepat ke Playstation 4 karena konsol Sony tersebut tidak lagi bisa dinikmati dengan maksimal. Mehdi juga berharap bahwa kebijakan harga baru Xbox One akan membantu banyak gamer melirik konsol generasi terbaru Microsoft ini.

Yang tidak diungkap Mehdi adalah bahwa  PS4 dipilih sebagai konsol generasi masa depan para gamer. Seperti di Amerika serikat, lebih dari 90% PS4 online, yang memungkin pengguna saling terhubung, berkompetisi dan berbagi keberhasiland engan teman maupun gamer lainnya.

Saat ini, ada 3,6 juga live broadcast, dengan lebih dari 56 juta penonton PS4 melalui Twitch dan Ustream. Sejak 1 Januari 2014, ada 20% pemain PS4 bersiaram di Twitch. Dan dalam waktu tidak terlalu lama, pengguna akan dapat berbagi kegembiraan karena developer PS4 sedang mencoba mengintegrasikan fitur interaktif live broadcasting gaming, yang memungkinkan disiarkannya permainan secara interaktif ke penonton. Meski hanya menonton, pengguna tetap dapat mempengaruhi permainan secara livestreaming tersebut.

Beberapa games yang mendukung upaya ini seperti Dead Nation: Edisi Apocalypse, kemudian Dynasty Warriors 8 Xtreme Legend dan Daylight, yang akan bisa didapat pada Maret dan April mendatang. Sony terus menambah deretan games yang bisa dimainkan Playstation 4 (S4). Sebab tentunya, ada korelasi antara peningkatan pengguna dengan game yang bisa dimainkan. Jangan harap agar bertambah penggunanya dari sekarang jika game yang bisa dimainkan tidak ditambah. Adapun game yang akan dikeluarkan Sony tidak dalam satu waktu, melainkan ‘dicicil’ per musimnya. Total ada 100 game yang akan dihadirkan tahun ini.