Search
Selasa 25 Juni 2024
  • :
  • :

Mudahkan Komunikasi Pengemudi dan Pelanggan, Grab Hadirkan Fitur GrabChat

MAJALAH ICT – Jakarta. Grab menyediakan fitur baru yang memudahkan pengemudi dan pelanggan berkomunikasi sehingga proses penjemputan menjadi lebih lancar. Fitur baru berupa platform messaging terintegrasi dalam aplikasi Grab ini disebut dengan GrabChat. Fitur GrabChat dapat digunakan dalam ponsel Android dan iOS secara bertahap hingga akhir minggu.

Dikatakan oleh Co-founder Grab, Hooi Ling Tan, sebelum ditawarkan pada para penguna secara umum, GrabChat telah diuji pada 50 ribu pengguna terpilih di Malaysia dan Singapura. Grab menyebutkan, keberadaan GrabChat membuat pengalaman menggunakan Grab menjadi lebih baik dan pengemudi bisa menjemput lebih cepat.

"GrabChat adalah pembaruan fitur yang sederhana tapi bermanfaat. Ia akan mempermudah proses penjemputan bagi penumpang dan pengemudi dengan adanya komunikasi yang mulus tanpa harus menghabiskan pulsa," katanya.

Dengan adanya GrabChat, maka pengemudi dan penumpang dapat menghemat biaya menelepon dan SMS. Selama waktu uji coba, dalam waktu seminggu, GrabChat berhasil menghemat 85 ribu SMS dari pengemudi dan 45 ribu SMS dari penumpang. Pengemudi yang dapat menguji GrabChat juga mengalami penurunan jumlah pembatalan. Tampaknya, hal ini disebabkan karena para pengemudi dapat dengan lebih mudah memberitahukan penumpang estimasi waktu kedatangan. Sementara penumpang dapat lebih mudah memberitahukan posisi mereka. 

Selain GrabChat, Grab juga berencana menambahkan fitur auto translation pada GrabChat. Tujuannya adalah membantu pengguna Grab yang menggunakan Grab di luar negara asalnya. Keberadaan GrabChat juga membuat pengemudi dan penumpang tidak khawatir akan menghabiskan pulsa saat menelepon nomor telepon luar negeri.