Search
Senin 15 Juli 2024
  • :
  • :

MVNO Telkom di Malaysia Dimulai dengan Peluncuran Kartu AS

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telkom melalui Telkom International Malaysia malam nanti menggelar acara Harmony & Unity sebagai peresmian MVNO Telkom dengan Maxis di Malaysia. Pencapaian yang diklaim sebagai Mahakarya Telkom akan dimulai dengan peluncuran secara resmi Kartu AS, mirip dengan produk Telkomsel di Indonesia. Gelaran acara peluncuran sendiri juga akan diramaikan beberapa artis seperti Rossa, Ahmad Dhani dan lain-lain. 

""Sebagaimana diketahui, Telin Malaysia, anak perusahaan Telkom yang beroperasi di Malaysia, mendapat ijin sebagai penyelenggara aplikasi atau application services provider (ASP) dari regulator telekomunikasi di Malaysia. Dengan begitu, maka Telkom akan meluncurkan layanan telekomunikasi nya pada 25 Agustus ini.

Demikian dikatakan  Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Internasional Malaysia (Telin Malaysia) Oki Wiranto. "Kami telah mendapat lisensi layanan aplikasi atau application services provider (ASP). Dan kami akan meluncurkan layanan di Malaysia akhir agustus ini," katanya. Ditambahkannya, pihaknya juga sedang mengurus ijin  layanan jaringan ataunetwork services provider (NSP).  "Namun masih dalam proses persetujuan dan dalam waktu dekat akan diterbitkan," lanjutnya.

Menurut Oki, potensi pengguna layanan teknologi informasi di Malaysia tercatat 3 kali lipat lebih besar dibandingkan potensi pengguna di Timor Leste. Hal itu karena jumlah tenaga kerja Indonesia di Malaysia terhitung mencapai 3 juta jiwa dibandingkan total penduduk Timor Leste yang sebanyak 1 juta jiwa.

Telin Malaysia sendiri, kata Oki, akan menjalankan tiga bisnis utama, yaitu layanan ritel mobile virtual network operator(MVNO), pasar korporasi atau enterprise market, dan layanan jaringan untuk segmen wholesale. "Layanan MVNO akan menjadi target utama dengan kontribusi mencapai 80% dari total pencapaian, sedangkan sisanya sebanyak 20% akan disumbang oleh segmen enterprise market dan wholesale  dengan perkembangan secara bertahap," pungkasnya.