Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Nilai Tukar Bitcoin Jatuh, Inikah Akhir Sejarah Bitcoin?

MAJALAH ICT – Jakarta. Bitcoin telah jatuh ke tingkat harga terendah dalam hampir satu tahun, kehilangan lebih dari sepertiga dari nilainya dalam dua minggu. Kejadian ini adalah salah satu crash yang paling signifikan dalam sejarah cryptocurrency ini. Harga satu bitcoin jatuh ke level 288 dolar AS selama akhir pekan, menurut indeks harga CoinDesk ini, meskipun telah sejak melakukan pemulihan relatif kembali ke 325 dolar.

Tidak ada satu alasan yang jelas mengapa terjadi penurunan harga. Para analis dan investor menyebut adanya kombinasi faktor-faktor yang mencakup ketidakpastian masa depan, peningkatan adopsi pedagang, dan keinginan pedagang pasar. Harga bitcoin jatuh ke bawah 300 dolar AS selama akhir pekan.

Sebagaimana diketahui, Bitcoin tiba-tiba menjadi terkenal, yang membuat badan pengawas keuangan harus segera mengejar ketinggalan. Di Amerika Serikat saja, Biro Perlindungan Konsumen Keuangan, Departemen Jasa Keuangan, Internal Revenue Service, dan Securities and Exchange Commission semua memiliki minat mengambil pengaturan bitcoin, namun tak ada satupun yang menerapkan peraturan.

New York adalah negara bagian pertama yang mengusulkan peraturan. Hal ini mendorong kekhawatiran bahwa bisnis Bitcoin mungkin menghadapi aturan ketat yang menghambat inovasi dalam ruang bitcoin. "Seperti yang tertulis, regulasi yang diusulkan adalah terlalu luas dalam penerapannya di luar Amerika Serikat, membebankan  kepatuhan yang tidak proporsional pada bisnis mata uang virtual, dan kesalahan prosedur kepatuhan normal," komentar bursa bitcoin BTC China, OKCoin, dan Huobi dalam sebuah pernyataan bersama di Agustus.

Meskipun sebagian besar dipandang bermanfaat bagi cryptocurrency dalam jangka panjang, peningkatan jumlah pedagang penerima bitcoin dipersalahkan oleh beberapa yang membuat harga bitoin anjlok. Perusahaan penerima bitcoin, seperti terlalu banyak menimbun dan segera mengkonversi Bitcoins yang diterima ke dalam mata uang fiat melalui pemroses pembayaran bitcoin. Dengan demikian, peningkatan pasokan bitcoin mendorong turun harga bitcoin jatuh.