Search
Minggu 14 Juli 2024
  • :
  • :

Nokia Android Sedang dalam Proses Sertifikasi di Kominfo

MAJALAH ICT – Jakarta. Ponsel Nokia berbasis Android diam-diam ternyata sedang dalam proses sertifikasi di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hal ini diketahui dari database Kementerian Kominfo yang mengindikasikan bahwa produk yang sering disebut dengan Nokia Normandy ini dalam proses SP2 sertifikat.

Ini artinya, produk sedang dalam masa pengujian di Balai Besar Uji produk telekomunikasi Kominfo. Memang dalam database tersebut tidak disebutkan bahwa produk yang diuji adalah Nokia Normandy, melainkan Nokia RM-980. Namun dari beberapa informasi, kode RM-980 adalah kode produk untuk Nokia Normandy. Pengujian Nokia ini sendiri mulai dilakukan 21 Januari lalu. Secara normal, dibutuhkan waktu 45 hari untuk mendapatkan sertifikat. Namun, waktu yang dibutuhkan isi bisa lebih cepat. Rata-rata sertifikat agar dapat produk ini dijual di pasar Indonesia keluar dalam waktu 30 harian.

Ponsel Nokia Normandy sudah sering menampaknya diri ke publik. Seperti dilansir di GSM arena, nampak ponsel Nokia tersebut dengan menggunakan OS Andorid KitKat. Dikabarkan, Normandy akan diperkenalkan pada publik di event Mobile World Congress Februari mendatang.

""Walaupun sudah resmi dibeli Microsoft, nampaknya Nokia tidak hanya akan fokus menggunakan sistem operasi windows dalam ponsel-ponselnya. Sebab terkuak, Nokia sedang mempersiapkan ponsel berbasis OS Android.

Isu Nokia akan menggunakan aplikasi Android memang sudah merebak sejak beberapa bulan lalu. Menurut akun twitter evleaks, akan ada dua produk Nokia yang akan dirilis yaitu Nokia Asha dan Nokia Normandy. Nokia Normandy memiliki bentuk seperti Lumia, produk ini sejajar dengan Nokia Asha yang tergolong dalam kelas low cost smartphone.

Nokia Normandy inilah yang dikabarkan akan OS Android yang telah termodifikasi  agar pengguna dapat menikmati aplikasi Android. Meski sama-sama Android, disebutkan bahwa ini Android yang berbeda dengan OS yang dibuat Google. 

Penasaran mau tahu gimana tampilan dan kerja Android versi Nokia ini, disebutkan bahwa produk ini luncur di 2014 mendatang. Namun belum terkonfirmasi kapan tepatnya produk ini akan diluncurkan.