Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Operator Minta Dilibatkan Dalam Adopsi E-Money

MAJALAH ICT – Jakarta. Penyelenggara telekomunikasi berharap agar dilibatkan dalam pengembangan ekosistem uang elektronik di tanah air menuju cashless society. Demikian disampaikan operator telekomunikasi tersebut dalam diskusi IndoTelko Forum: "Collaborative & Incentives: A New Breakthrough for e-Money" di Jakarta.

Menurut Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga, perluasan adopsi e-money di Indonesia harus melibatkan operator telekomunikasi, karena operator telekomunikasi memiliki basis pelanggan, teknologi dan infrastruktur yang dimiliki.

"Jika Pemerintah ingin mengembangkan ekosistem cashless society dan financial inclusion, maka jangan melupakan pemain industri telko," harapnya. Ditambahkan Alex, layanan jasa keuangan sejauh ini belum dioptimalkan. "Padahal operator telekomunikasi memiliki kekuatan yang bisa melayani semua segmen. Industri telekomunikasi juga terbukti melayani masyarakat dari Sabang hingga Merauke," tandasnya.

Alex menceritakan bagaimana di Filipina, antaroperator telekomunikasi saling berkolaboras dan dan transaksi elektronik meningkat hingga 53 persen. 

Sementara itu, Chief of Digital Services XL Axiata, Dian Siswarini melihat bahwa belum berkembangnya transaksi elektronik dikarenakan belum tersedianya banyak aplikasi untuk pembayaran elektronik dan standarisasi teknologi. 
"Kita akui transaksi dan adopsi e-money belum banyak walau sebetulnya usaha untuk percepatan adopsi e-money sudah besar. Hal itu karena masing-masing pemain seperti berjalan sendiri," sesalnya.