Search
Rabu 17 April 2024
  • :
  • :

Paessler Luncurkan Perluasan Layanan PRTG Perdana, Wujudkan Integrasi Lingkup OT dan IT Terbaik

MAJALAH ICT – Jakarta. Paessler, pakar pemantauan untuk infrastruktur dan jaringan teknologi informasi (information technology / IT), baru-baru ini mengumumkan peluncuran extension (perluasan) layanan produk solusi monitoring pemenang penghargaan. Paessler PRTG OPC Unified Architecture (UA) Server ini dirancang untuk pengguna di sektor industri – secara khusus terintegrasi di dalam teknologi operasional (operational technology / OT) – dengan tujuan agar dapat menerima informasi pemantauan penting dari sistem IT dan OT, yang tercantum pada sistem (seperti SCADA, MES, DCS, dan lainnya).

Di seluruh wilayah Asia Pasifik, Paessler melanjutkan fokus dalam memberikan layanan dan penawaran baru bagi sektor industri, dan perluasan produk ini merepresentasikan pencapaian penting perusahaan dalam mengembangkan portofolio produk. Konvergensi IT dan OT akan membangun jembatan penghubung menuju proses yang efisien pada lingkup industri, dan lebih lanjut solusi seperti OPC UA Server akan menghadirkan nilai lebih yang nyata bagi pakar OT.

“Kami sangat bersemangat atas peluncuran OPC UA Server sebagai perluasan perdana atas produk Paessler PRTG kami,” jelas Helmut Binder, CEO Paessler. “Di tengah kelanjutan upaya kami dalam mengembangkan portofolio produk, kami menyadari pentingnya perluasan produk Paessler dalam memenuhi kebutuhan unik para pengguna di sektor industri, terutama di Asia Pasifik, di mana adopsi teknologi Industry 4.0 sedang hangat-hangatnya terjadi. Tentunya, fitur di dalam OPC UA Server ini menunjukkan komitmen kami dalam menghadirkan solusi tercanggih dalam menjawab segala tantangan di ranah OT.”

Bersama dengan Paessler PRTG, OPC UA Server memungkinkan admin OT dan operator pabrik untuk memantau infrastruktur melalui arsitektur sistem pengawasan dan kontrol industri. OPC UA Server memperluas pengaplikasian bidang kerja Paessler PRTG dengan menyajikan ringkasan komprehensif dari sejumlah elemen IT dan OT ke dalam sistem berbasis OPC UA. Kelebihan lainnya adalah fitur alert terpusat melalui rangkaian alert yang ada, pengayaan data kontrol kualitas dengan data dari komponen IT/OT, serta penanganan alarm interaktif antara personil IT dan OT.

Pada dasarnya, perluasan produk ini akan secara khusus beroperasi dengan Paessler PRTG Network Monitor dengan maintenance aktif, dan cakupannya akan segera diperluas lagi pada fitur Paessler PRTG Hosted Monitoring dan Paessler PRTG Enterprise Monitor.

“Kami percaya bahwa OPC UA Server akan membantu para pengguna di sektor industri untuk memperoleh ringkasan komprehensif tentang keadaan jaringan dan lingkungan industri. Ini juga termasuk pengurangan kemungkinan terjadinya downtime sistem dan peningkatan infrastruktur pabrik mereka,” kata Johannes Liegert, Product Manager IoT & Industry Paessler. “Menggunakan PRTG Paessler dengan ekstensi produk ini, operator dan insinyur memiliki lebih banyak data di ujung jari mereka dan dengan demikian dapat membuat keputusan yang lebih baik.”

Beragamnya persyaratan sistem di dunia OT, OPC UA Server hadir dalam 3 tingkatan harga berbasis fitur dalam bentuk model berbasis langganan. Perluasan produk ini tersedia sejak 20 April 2023, dan penawaran harga dapat diminta dengan menghubungi layanan pelanggan Paessler. Pelanggan Paessler PRTG dengan langganan OPC UA Server akan menerima dukungan menyeluruh dari tim Paessler, termasuk akses ke materi pelatihan.