Search
Minggu 14 April 2024
  • :
  • :

Pelaku Penipuan Melalui Ponsel Dibekuk Polisi

MAJALAH ICT – Jakarta. Kepolisian RI, dalam hal ini Reskrim Polres Bogor Kota berhasil membekuk dua  pelaku yang menjadi bagian jaringan penipuan ponsel. Modus yang dilakukan adalah dengan menelepon calon korban dan berpura pura sebagai anggota keluarga yang sedang kecelakaan, atau sedang di tahan polisi bahkan melalui ancaman lewat telepon seluler.

Kasat Reskrim Polres Bogor Kota AKP Condro Sasongko menjelaskan, dari 3 tersangka yang di kejar baru ada dua orang AI dan BC. Pelaku yang mengirimkan SMS ke banyak nomor secara acak, menjerat korbannya  dengan nilai transaksi Rp40 juta.

Untuk menyamarkan identitas agar tak mudah terendus petugas,  pelaku pun membuat  puluhan identitas berbeda beda. Dari barang bukti yang terkumpul setidaknya 88 KTP, 30 Kartu Keluarga, 13 Rekening tabungan dan 4 Nomor Poko Wajib Pajak (NPWP). Bahkan Polisi juga mendapat 4 surat pindah yang di keluarkan Kecmatan di wilayah DKI Jakarta.

"Kita tangkap dua orang. Mereka bertugas membukakan rekening kemudian mengurus KTP untuk si pelaku utama dalam menjalankan operasinya. KTP-nya rata rata asli bukan E-KTP, kemudian juga Kartu Keluarga," jelas Condro.

Dari belasan buku tabungan yang dibuat secara seolah selintas terlihat asli, polisi juga sudah bekerja sama dengan pihak perbankan untuk melacak aliran uang ke rekening mana saja. Ada dua rekening yang mereka gunakan BCA dan BNI yang di buat dari KTP ganda yang di miliki oleh pelaku utama yang kini masih buron. Kedua tersangka tersebut akan di jerat pasal berlapis, 263 dan 278 KUHAP dengan jeratan di atas 5 tahun penjara.