Search
Senin 1 Juni 2020
  • :
  • :

Peluncuran Satelit Nusantara Dua Gagal, Ada Kendala pada Tahap Ketiga Roket Long March-3B

MAJALAH ICT – Jakarta. Satelit komunikasi baru berusaha masuk ke Indonesia melalui peluncuran China Great Wall Industry Corporation pada hari Kamis menggunakan roket Long March-3B / G2 (Chang Zheng-3B / G2). Peluncuran berlangsung pukul 11:45 UTC dari pad LC2 di Pusat Peluncuran Satelit Xichang, tetapi dilaporkan gagal selama penerbangan tahap ketiga. Satelit dipahami telah masuk kembali dan dengan demikian telah dihancurkan.

Satelit tersebut, yang berbasis pada platform China DFH-4, akan digunakan oleh PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) bekerja sama dengan penyedia layanan telekomunikasi PT Indosat Ooredoo dan PT Pintar Nusantara Sejahtera (PNS), untuk menyediakan akses internet broadband dan layanan penyiaran berkualitas.

Laporan dari Tiongkok yang mencatat masalah dengan tahap ketiga Long March telah mengakibatkan misi digolongkan sebagai kegagalan.

Dua tahap pertama, serta empat penguat pengikat, menggunakan bahan bakar hypergolic (N2O4 / UDMH) sementara tahap ketiga menggunakan bahan bakar kriogenik (LOX / LH2). Panjang total CZ-3B adalah 54,838 meter, dengan diameter 3,35 meter di panggung inti dan 3,00 meter di panggung ketiga.

Pada tahap pertama, CZ-3B menggunakan mesin YF-21C dengan daya dorong 2.961,6 kN dan impuls spesifik 2.556,5 Ns / kg. Diameter panggung pertama adalah 3,35 m dan panjang panggung adalah 23,272 m.

Setiap penguat strap-on dilengkapi dengan mesin YF-25 dengan daya dorong 740,4 kN dan impuls spesifik 2.556,2 Ns / kg. Diameter booster strap-on adalah 2,25 m dan panjang booster strap-on adalah 15,326 m.

Tahap ketiga dilengkapi dengan mesin YF-75 yang berkembang 167,17 kN dan dengan impuls spesifik 4.295 Ns / kg. Diameter fairing dari CZ-3B adalah 4,00 meter dan memiliki panjang 9,56 meter.

CZ-3B juga dapat menggunakan tahap atas Yuanzheng-1 (“Ekspedisi-1”) baru yang menggunakan mesin dorong kecil 6,5 kN yang membakar UDMH / N2O4 dengan impuls spesifik pada 3,092 m / s. Tahap atas dapat melakukan dua luka bakar, memiliki masa hidup 6,5 jam dan mampu mencapai berbagai orbit. Tahap atas ini tidak digunakan pada peluncuran ini.

Urutan penerbangan umum untuk CZ-3B / G2 melihat peluncuran peluncuran lebih dari 10 detik setelah lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang. Shut pendorong 2 menit dan 7 detik setelah lepas landas, pemisahan dari tahap pertama satu detik terakhir. Shutdown tahap pertama terjadi pada 1 menit 25 detik dalam penerbangan.

Pemisahan antara tahap pertama dan kedua terjadi pada 1 menit 26 detik, setelah pemisahan fairing pada T + 3 menit 35 detik. Shutdown engine utama tahap 2 terjadi 326 detik dalam penerbangan, diikuti dengan shutdown engine vernier 15 detik kemudian.

Pemisahan antara tahap kedua dan ketiga dan penyalaan tahap ketiga terjadi satu detik setelah penutupan mesin vernier tahap kedua. Luka bakar pertama dari tahap ketiga akan berlangsung selama 4 menit dan 44 detik.

Setelah akhir luka bakar pertama dari tahap ketiga mengikuti fase pantai yang berakhir pada T + 20 menit dan 58 detik dengan tahap ketiga memulai luka bakar kedua. Ini akan memiliki durasi 179 detik. Setelah akhir pembakaran kedua tahap ketiga, peluncur memulai manuver penyesuaian kecepatan 20 detik. Pemisahan pesawat ruang angkasa biasanya terjadi pada T + 25 menit 38 detik setelah peluncuran. Namun, belum ada konfirmasi yang diberikan saat ini.

PSN, Indosat Ooredoo dan PNS mendirikan perusahaan patungan bernama PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS) pada 2017 dan pada 17 Mei tahun itu dikontrak oleh China Great Wall Industry Corporation (CGWIC), anak perusahaan China Aerospace Science and Technology Corporation, untuk membangun satelit Palapa-N1 Disebut juga Nusantara Satu-2, satelit ini akan menggantikan satelit Palapa-D pada posisi 113 ° BT di orbit geosinkron tempat ia akan beroperasi pada Juni 2020.

Dengan berat 5.550 kilogram, Palapa-N1 memiliki kapasitas 20 × 36 MHz C-band FSS transponder dan 9,5 gigabit-per-detik (Gbps) HTS. Satelit ini dapat mencakup wilayah di seluruh Asia Pasifik dan ke Australia untuk transponder C-band dan di seluruh Indonesia untuk HTS. Satelit bisa juga digunakan untuk layanan VSAT, siaran, broadband, backbone, dan backhaul.
Satelit baru itu untuk menggantikan satelit komunikasi Palapa-D yang lama.

Palapa-D (35812 2009-046A) dioperasikan oleh Indosat Ooredoo dan dibangun oleh Thales Alenia Space, berdasarkan bus satelit Spacebus-4000B3. Itu membawa 35 G / H band dan 5 J band transponder.

Diluncurkan pada 31 Agustus 2009, pukul 09.28UTC menggunakan Long March-3B / E (Y8) dari Kompleks Peluncuran LC2 dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang, masalah – juga dengan peluncur tahap ketiga – meninggalkan satelit di orbit yang salah. Masalahnya kemudian diperbaiki dengan menggunakan sistem propulsi kapal pesawat ruang angkasa, tetapi mengurangi masa pakainya.

Dongfanghong-4 (DFH-4) adalah bus satelit komunikasi generasi ketiga yang dikembangkan oleh China. Dengan peningkatan daya, kapasitas muatan yang kuat, dan masa pakai lebih lama, itu terdiri dari modul propulsi, modul layanan, dan susunan surya.

Dimensinya 2360mm × 2100mm × 3600mm, dengan massa lepas landas 5.200 kg. Solar Array Power adalah 10,5 kW (EOL) dan daya payload adalah 8 kW. Platform ini dapat dilengkapi dengan transponder C, Ku, Ka dan L.

Ini menggunakan mode stabilisasi 3-sumbu dan presisi menjaga stasiun adalah barat / timur ± 0,05 ° dan utara / selatan ± 0,05 °. Antena Menunjuk Presisi < 0,1 °. Itu memiliki masa kerja di orbit 15 tahun.

Setelah menandatangani perjanjian pada Mei 2017, CGWIC memulai pembangunan satelit. Pada Januari 2018 ada peninjauan status kualifikasi peralatan dan Mei mendatang diadakan peninjauan desain pendahuluan. Tinjauan desain kritis berlangsung pada Oktober 2018 dan pada Januari 2019 memulai integrasi dan pengujian perakitan satelit. Modul servis dan payload dikawinkan bersama pada bulan Juli dan pada bulan Desember satelit berada di ruang uji vakum termal. Tinjauan pra-pengiriman berlangsung pada awal Maret 2020.

Untuk memenuhi permintaan pasar peluncuran satelit internasional, terutama untuk satelit komunikasi berkekuatan tinggi dan berat, pengembangan kendaraan peluncuran Long March-3B (Chang Zheng-3B) dimulai pada tahun 1986 berdasarkan pada teknologi yang terbukti melawan kendaraan peluncuran Long March .

Dikembangkan dari Chang Zheng-3A, Chang Zheng-3B saat ini merupakan kendaraan peluncuran paling kuat di armada peluncuran ruang angkasa Tiongkok.

CZ-3B dilengkapi tangki propellan luncur yang diperbesar, sistem komputer yang lebih baik, fairing payload berdiameter 4,2 meter yang lebih besar dan penambahan empat booster pengikat pada tahap inti yang memberikan bantuan tambahan selama fase pertama peluncuran.

Roket ini mampu meluncurkan satelit 11.200 kg ke orbit Bumi rendah atau kargo 5.100 kg ke orbit transfer geosinkron.

Kendaraan peluncuran CZ-3B / G2 (Enhanced Version) dikembangkan dari CZ-3B dengan tahap inti pertama yang diperpanjang dan penguat tali, meningkatkan kapasitas GTO hingga 5.500kg.

Pada 14 Mei 2007, penerbangan pertama CZ-3B / G2 dilakukan dengan sukses, secara akurat mengirimkan NigcomSat-1 ke orbit yang telah ditentukan. Dengan kemampuan peluncuran GTO 5.500kg, CZ-3B / G2 didedikasikan untuk meluncurkan satelit komunikasi GEO yang berat.

Struktur roket juga menggabungkan semua sub-sistem dan terdiri dari empat penguat pengikat, tahap pertama, tahap kedua, tahap ketiga, dan fairing payload.

Pusat Peluncuran Satelit Xichang terletak di Provinsi Sichuan, Cina barat daya dan merupakan situs peluncuran negara untuk peluncuran orbital geosinkron.

Dilengkapi dengan dua landasan peluncuran (LC2 dan LC3), pusat ini memiliki jalur kereta api khusus dan jalan raya langsung menuju lokasi peluncuran.

Pusat Komando dan Kontrol terletak tujuh kilometer barat daya landasan peluncuran, menyediakan kontrol penerbangan dan keselamatan selama latihan peluncuran dan peluncuran.

Fasilitas lain di Pusat Peluncuran Satelit Xichang adalah Pusat Kontrol Peluncuran, sistem pengisian bahan bakar propelan, sistem komunikasi untuk perintah peluncuran, komunikasi telepon dan data untuk pengguna, dan peralatan pendukung untuk pemantauan dan peramalan meteorologis.

Peluncuran pertama dari Xichang berlangsung pada 12: 25UTC pada tanggal 29 Januari 1984, ketika Chang Zheng-3 (Y1) meluncurkan satelit komunikasi Shiyan Weixing (14670 1984-008A) ke orbit.

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *