Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Pemenang Duta INCAKAP Diharapkan Jadi Penggerak Penggunaan TIK Kreatif dan Produktif

MAJALAH ICT – Jakarta. Guna mempercepat penggunaan internet secara cerdas, kreatif dan produktif di kalangan generasi muda, Direktorat Pemberdayaan Informatika Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan Pemilihan Duta Internet Cakap 2016. Duta Internet Cakap merupakan sosok generasi muda yang cerdas, kreatif dan produktif dan mampu menularkan pemanfaatan internet ke lingkungan sekitarnya serta masyarakat luas.

Dalam acara pengumuman Pemenang Duta Incakap 2016, Direktur Pemberdayaan Informatika Septriana Tangkary mengatakan proses menentukan duta tersebut berlangsung melalui proses yang relatif panjang. "Untuk menjadi Duta Internet Cakap yang hari ini akan diumumkan pemenangnya, sebelumnya telah dilakukan seleksi melalui penilaian karya dan kelengkapan administrasi peserta. Sehingga terpilihlah 22 (duapuluh dua) peserta dari 13 provinsi," jelasnya di Gedung Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta.

Septriana menyatakan, sebelum terpilih menjadi duta, seluruh perwakilan provinsi itu mengikuti bootcamp selama tiga hari. Mereka dinilai dewan juri yang terdiri dari Didik Partono (INIXINDO), Irwin Day (Sekjen FTII), Hilman Almadani (Psikolog Yayasan Kita dan Buah Hati), M Yamin (Nawala Nusantara) serta Septriana Tangkari (Kementerian Kominfo). 

Adapun Dua Duta Internet CAKAP Nasional 2016 yang mempunyai kemampuan, sikap dan karya yang dinilai memenuhi syarat oleh dewan juri, adalah Soebagja Salim dari Kota Cirebon, Jawa Barat dengan nilai 86,4 (Putra) dan Pande Komang Novia Arsita Wijaya dari Kabupaten Klungkung, Bali yang mendapat nilai 80 (Putri), untuk Duta INCAKAP Terbaik, serta untuk Duta INCAKAP Favorit adalah Farhan Achmad Fajari dari Cibinong, Jawa Barat yang mendapat nilai 80 (Putra) dan Siti Fenisha Indah Putri dari Pontianak Kalbar dengan nilai 80 (Putri).