Search
Senin 15 Juli 2024
  • :
  • :

Pemerintah akan Adopsi LTE di Akhir Tahun, Huawei Siap Pasok Perangkat

MAJALAH ICT – Jakarta. Pemerintah menegaskan akan segera mengimplementasikan teknologi generasi ke-4 (4G) long term evolution (LTE) pada akhir tahun ini. Penegasan itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos Informatika Kementerian Kominfo, Muhammad Budi Setiawan.

Menurut Budi di sela acara Indonesia ICT Carnival, LTE akan menggunakan frekuensi 2,3 GHz yang telah dinyatakan netral alias terbuka untuk smeua macam teknologi. "Frekuensi 2,3 Ghz sudah jadi teknologi netral akan dipakai untuk LTE. Pemegang lisensi BWA di frekuensi 2.3GHz bisa lebih dulu mengadopsi LTE dengan solusi LTE TDD,” ujarnya.

Ditambahkan Budi, pemerintah saat ini membatasi LTE yang akan digunakan merupakan varian LTE-TDD (Time Division Duplex). Pemilihan teknologi LTE-TDD karena dinilai paling sesuai dengan kebutuhan di Indonesia. "Sekarang sudah mulai ada perangkat yang mendukung teknologi LTE TDD di Indonesia,” ungkap Budi.

Dalam Indonesia ICT Carnival 2013 yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Huawei memamerkan produk teknologi LTE-TDD. 

LTE TDD yang ditawarkan Huawei saat ini telah diluncurkan di berbagai frekuensi, 2.3GHz, 2.6 GHz, dan 3.5 GHz. India, Arab Saudi, Oman, China, Srilanka, dan Australia menggunakan LTE TDD di frekuensi 2.3GHz. 

"Dari segi frekuensi sudah siap. Sekarang tinggal operator yang memutuskan. Kemudian ini juga harus disokong ketersediaan handset," ungkap General Manager Solution Marketing Huawei Indonesia Mohamad Rosidi.

Apakah adopsi LTE di akhir tahun ini memberikan jalan bagi Huawei, kita lihat saja nanti.