Search
Kamis 29 Juli 2021
  • :
  • :

Pemerintah akan Tetap Serahkan Pengelolaan Slot Orbit 150,5 BT ke Indosat

MAJALAH ICT – Jakarta. Persoalan siapa yang berhak mengelola slot orbit 150,5 BT nampaknya akan makin jelas. Meski pemerintah baru akan memutuskan mengenai hal ini di minggu awal Februari ini, Indosat nampkanya boleh bersenang hati. Kabar yang yang didapat, pemerintah akan menyerahkan pengelolaan slot orbit 150,5 BT kepada Indosat.

Disampaikan sumber Majalah ICT, penunjukkan pada Indosat didasarkan rencana Indosat yang sudah kian lebih jelas dibanding sebelum Mei 2013. "Indosat sudah menyerahkan semua dokumen yang diperlukan pemerintah untuk mengevaluasi, termasuk kontak peluncuran satelit pada 2016 mendatang. Sehingga pemerintah sudah tidak ragu lagi jika slot orbit ini diserahkan pengelolaannya kembali kepada Indosat," tutur sumber kepada Majalah ICT.

Apa yang disampaikan tersebut, memang bisa jadi akan jadi kenyataan, sebab BRI yang juga punya rencana meluncurkan satelit masih memiliki banyak kendala. Selian persoalan dana membeli satelit yang masih dipertanyakan DPR, kemampuan SDM yang dinilai belum siap serta BRI yang belum memiliki ijin sebagai penyelenggara jaringan telekomunikasi.

Menkominfo Tifatul Sembiring sendiri berjanji akan menyelesaikan masalah ini secepatnya. "Kalau bisa awal Februari ini pembicaraan slot satelit bisa selesai. Bisa putus masalahnya. Karena pemesanan dan produksi satelit saja butuh dua tahun, sedangkan peluncurannya butuh hampir satu tahun,” tandas Tifatul Rapat dengan Komisi I-DPR RI di Jakarta, minggu lalu.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *