Search
Jumat 21 Juni 2024
  • :
  • :

Pemerintah Ingin Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara

MAJALAH ICT – Jakarta. Pemerintah berkeinginan menjadikan Indonesia sebagai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Untuk itu, pemerintah terus meningkatkan kualitas dan jangkauan infrastruktur telekomunikasi. Demikian ditegaskan Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan dan Nota Keuangan RAPBN 2017 di Gedung MPR/DPR.

“Dari segi modernitas, pemerintah telah mengaktifkan teknologi 4G,” kata Jokowi. Sedangkan untuk jangkauannya, tambah Jokowi, pemerintah meneruskan pembangunan Palapa Ring yang telah menghubungkan 400 Kabupaten/Kota dengan jaringan serat optik di tahun 2015.

Diungkapkannya, sampai dengan April 2016, telah diselesaikan tahap persiapan dan sudah siap dilaksanakan pembangunan Palapa Ring Paket Barat dan Paket Tengah untuk menjangkau makin banyak daerah di Tanah Air. Upaya ini merupakan bagian dari fokus pemerintah untuk mempercepat pembangunan dengan tiga langkah terobosan untuk pengentasan kemiskinan, pengangguran, ketimpangan dan kesenjangan sosial.

Melalui percepatan pembangunan infrastruktur, pemerintah bangun sarana infrastruktur secara lebih merata di seluruh Tanah Air guna memperkuat konektivitas antarwilayah dan memperkecil ketimpangan dan kesenjangan sosial.

Akselerasi pembangunan infrastruktur logistik meliputi jalan, pelabuhan, bandara, dan rel kereta api. “Sedangkan akselerasi pembangunan infrastruktur strategis mencakup pembangkit listrik, telekomunikasi, irigasi, dan perumahan rakyat,” terang Presiden Jokowi.