Search
Minggu 14 April 2024
  • :
  • :

Pemerintah Masih Kaji Rencana Implementasi 4G LTE

MAJALAH ICT – Jakarta. Pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika masih mengkaji rencana impelementasi teknologi 4G LTE. Namun begitu, seperti dikatakan Menkominfo Tifatul Sembiring, Indonesia menyiapkan dua rentang frekuensi, yaitu 1.800 MHz dan 2.300 MHz untuk LTE. 

Demikian dikatakan Tifatul di Kementerian usai pelantikan pejabat Kominfo, di kantornya. "Kami ancang-ancang 4G LTE di dua spektrum yaitu di 2.300 Mhz dan 1.800 Mhz," kata Tifatul. Namun begitu, tambahnya, Kementerian masih terus melakukan kajian dan menyiapkan aturan mengenai rencana implementasi LTE tersebut.  

"Pemerintah sedang menyiapkan teknologi netral agar spektrum telekomunikasi segera bisa digunakan untuk teknologi terbaru tersebut. Target kita implementasi 4G LTE di Indonesia bisa dilakukan pada akhir 2014. Penerapan LTE di Indonesia memang semuanya tergantung dari operator, sejauh mana mereka siap. Sedangkan dari sisi pemerintah menyiapkan regulasinya dan itu sedang dikaji," papar Tifatul.

Ditambahkan mantan Presiden PKS ini, yang cukup krusial adalah penggunaan frekuensi 1.800 Mhz yang masih dipakai untuk seluler. "Pemerintah memprioritaskan untuk lebih dulu menyelesaikan proses penataan ulang di spektrum tersebut," pungkasnya.