Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Pemerintah Resmi Tanda Tangani Kerja Sama Bangun R&D dengan Apple

MAJALAH ICT – Jakarta. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah secara resmi menandatangani kesepakatan kerja sama dengan perusahaan teknologi Apple Inc. Kerja sama pemerintah dengan perusahaan berbasis di Cupertino Amerika Serikat ini akan meliputi bidang penelitian dan pengembangan (research and development – R&D) teknologi serta industri.

Demikian diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. “Kami sudah sign kerja sama dengan Apple, mereka setuju bangun R&D di sini dan siap merekrut orang-orang kita kerja sama mereka,” katanya.

Menurut Rudiantara, dari kerja sama tersebut, di bidang R&D pihaknya akan terjun langsung. “Di bidang R&D saya yang terjun langsung, kerja sama soal industri pekerjaanya Menteri Perindustrian,” ujarnya.

Ditambahkannya, dalam kesepakatan kerja sama itu pada dasarnya adalah kesempatan Indonesia menjadi bagian dari rencana investasi Apple. “Nanti biar orang Apple yang kasih tahu. Bocorannya di atas Rp.100 miliar-lah,” jelasnya.

Sebelumnya, setelah pengumuman pembangunan beberapa pusat riset dan pengembangan di India dan China, Apple disebutkan akan membangun pusat R&D di Jakarta tahun depan. Hal ini disebut-sebut sebagai upaya Apple untuk memastikan hubungan baik dengan negara-negara pasarnya, sehingga mereka memberikan izin bagi Apple untuk menjual produk-produknya.

Khusus Indonesia, pembangunan fasilitas ini adalah upaya Apple agar mereka bisa menjual ponsel 4G di Indonesia, yang merupakan negara dengan populasi terbesar ke-4 setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat. Sebab sebagaimana diketahui, pemerintah Indonesia memang telah menerapkan peraturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) untuk ponsel 4G. Pada bulan Juli, ditetapkan 2 skema TKDN, yaitu software dan hardware. Pada bulan September, Kementerian Perindustrian menetapkan satu skema baru, yaitu investasi.

Sebagaimana dilansir 9to5Mac, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan bahwa Apple akan mengonfirmasi tempat pembangunan fasilitas penelitian dan pengembangan tersebut pada bulan depan. Sedangkan proses konstruksi dan perekrutan karyawan akan dilakukan pada tahun 2017. Disebutkannya, pada pemerintah Apple telah menunjukkan nilai investasinya, tapi tidak untuk diumumkan ke masyarakat.