Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Pendapatan Global dari Aplikasi Capai 44,8 Miliar Dolar Hingga Akhir 2016

MAJALAH ICT – Jakarta. Pendapatan aplikasi secara global akan mencapai 44,8 miliar dolar AS pada tahun 2016 dan akan tumbuh menjadi 80,6 miliar dolar pada tahun 2020. Demikian disampaikan perusahaan intelijen pasar Newzoo, yang menerbitkan Global Mobile Market Report yang pertama.

Pasar Asia-Pasifik memimpin diprediksi akan memimpin, dengan pasar sebesar 56 persen (25,7 miliar dolar) dari pendapatan global tahun ini, dan akan tumbuh menjadi 42,9 miliar dolar pada tahun 2020.

Di Asia-Pasifik, ada pertumbuhan lebih lambat di pasar yang matang seperti Jepang dan Korea dan pertumbuhan yang lebih cepat di China dan Asia Tenggara.

Bahkan, China telah menyalip Amerika Serikat pada tahun 2015 dengan total pendapatan aplikasi dan akan terus tetap memimpin, berkat ukuran dan potensi yang belum dimanfaatkan di negeri tersebut.

Pangsa pendapatan aplikasi yang dihasilkan oleh game menurun dari 82 persen menjadi 72 persen pada periode yang sama, meskipun di Cina akan tetap tinggi karena pasar game mobile diperkirakan akan terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat. Pendapatan aplikasi AS akan mencapai 9,4 miliar dolar tahun ini dan tumbuh untuk 14,2 miliar pada tahun 2020. Pangsa pendapatan yang diambil oleh permainan akan menurunkan dari 72 persen menjadi 57 persen.

Pertumbuhan tercepat kategori non-game di seluruh wilayah meliputi keuangan, gaya hidup dan musik.

Laporan itu juga mengatakan bahwa pengguna Amazon app store adalah pemboros media terbesar. Menggunakan data demografi dan profil pengguna, laporan tersebut menunjukkan bahwa pengguna Amazon lebih mungkin untuk memiliki pekerjaan penuh-waktu dan menjadi pemboros besar pada media digital, termasuk game dan langganan seperti Spotify.