Search
Rabu 22 Mei 2024
  • :
  • :

Pengembang Internet.org Bersama Ericsson dan XL Bangun Aplikasi Data yang Efisien

MAJALAH ICT – Jakarta. Lebih dari 85% dari populasi dunia tinggal di daerah dengan cakupan selular, namun hanya sekitar 30% dari total penduduk mengakses internet. Jadi bagi kebanyakan orang, hambatan konektivitas bukan sinyal, namun kemampuan untuk membeli data. Pengembang dapat memainkan peran penting menurunkan biaya internet dengan membangun lebih banyak aplikasi dengan data yang efisien bagi masyarakat di mana data kurang dapat diakses.

Untuk membantu mengatasi hal ini, Facebook menjadi tuan rumah lokakarya pengembang Internet.org dengan Ericsson dan XL Axiata, di Jakarta, untuk bekerja dengan pengembang membuat aplikasi mereka lebih efisien. Pengembang pada acara tersebut memiliki kesempatan untuk menguji aplikasi mereka dan mengukur pengalaman pengguna dalam kondisi jaringan lokal, dan bekerja dengan ahli teknik dari Facebook, Ericsson, dan XL untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi dan efisiensi. Awal tahun ini, Facebook meluncurkan serangkaian hackathons dengan Ericsson berfokus pada peningkatan efisiensi data, yang menyebabkan penciptaan Internet.org Innovation Lab, sebuah ruang yang akan memberikan pengembang kemampuan untuk menguji aplikasi mereka dalam lingkungan dunia nyata di markas Facebook .

Selain membangun aplikasi yang menggunakan data lebih sedikit, dibutuhkan infrastruktur yang lebih efisien untuk melayani masyarakat di daerah bandwidth rendah. Ini berarti meningkatkan kinerja jaringan sehingga lebih banyak orang bisa mendapatkan keterhubungan. Selama tahun lalu, Facebook bekerja sama dengan Ericsson dan XL Axiata menciptakan metodologi untuk menganalisis, memantau dan meningkatkan kinerja jaringan end-to-end dengan menggunakan simulasi aplikasi Facebook. Melalui proses ini, kelompok mengidentifikasi masalah yang memberikan dampak terhadap pengguna di seluruh jaringan. Inilah yang menjadi white paper Internet.org yang berjudul, "Mengukur dan meningkatkan kinerja jaringan: Analisis jaringan dan aplikasi penelitian, pengujian dan optimasi"

Bagian dari misi Internet.org adalah untuk mengolah dan berbagi pembelajaran. Berkat penelitian ini, didapat model untuk menganalisis, mengukur dan meningkatkan kinerja jaringan yang dapat diterapkan pada jaringan mobile. Hal ini akan membantu operator untuk efektivitas biaya memperbaiki jaringan ke daerah-daerah yang mempengaruhi sebagian besar pengguna, yang akan berarti bagi dua-pertiga dari dunia belum terhubung.