Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Pengguna Internet Indonesia Capai 132,7 Juta, Sudah Lebih dari Setengah Populasi

MAJALAH ICT – Jakarta. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengumumkan data mutakhir jumlah pengguna internet di Indonesia. Berdasarkan hasil survei internet APJII 2016, jumlah pengguna internet Indoneisa meningkat secara signifikan, yang mencapai 132,7 juta pengguna. Dengan jumlah pengguna sebesar ini, itu artinya pengguna internet di Indonesia sudah mencapai lebih dari separuh jumlah penduduk Indonesia, atau sekitar 51,8%.

Sekjen APJII Henri Kasyfi Soemartono mengungkapkan, hasil survei yang didapat juga menggambarkan klasifikasi geografis, umur, dan pekerjaan. Misalnya, berdasarkan geografis, Pulau Jawa mendominasi penetrasi internet di Indonesia. Sedangkan Indonesia Timur menjadi yang terendah. Berdasarkan umur, segmen umur 10-14 tahun mencatat penetrasi internet hingga 100%. Kemudian berdasar pekerjaan, mahasiswa/karyawan swasta/pekerja kesehatan, mencatat penggunaan tertinggi. “Harapan saya, stakeholders internet dapat membuat program yang lebih tepat sasaran di masa mendatang berdasar hasil survei ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum APJII Jamalul Izza mengatakan, adalah program APJII 2015-2018 untuk memberikan amsyarakat, khususnya stakejolders/pemangku kepentingan soal peta industri yang komprehensif dalam rupa angka dan statistik internet Indonesia agar dapat bermanfaatn bagi mereka untuk menentukan langkah masing-masing selanjutnya.

“Tahun 2015 APJII memang tidak mengeluarkan survei sejenis karena fokus merampungkan transformasi internal yang intensif, yaitu melakukan keterbukaan organisasi dari hanya diperuntukan untuk ISP menjadi organisasi terbuka. Kini, semua institusi yang berdomisili di Indonesia dan terkait dengan industri internet dapat menjadi anggota APJII. Ini tentu saja tidak terbatas pada pelaku startup, pemain konten, fintech, institusi perbankan yang terkait dengan internet security, penyedia teknologi maupun pengguna internet. Keanggotaan ini akan mulai secara resmi dibuka pada acara IIXS (Indonesia Internet Expo and Summit), 22-24 2016 mendtaang,” jelas Jamal.

Untuk itu, kata Jamal, kini APJII mengajak seluruh masyarakat untuk secara bersama mewujudkan internet Indonesia yang lebih baik bersama APJII dengan mengenal APJII secara lebih baik. “Silakan hadir di Indonesia Internet Expo & Summit 22-24 Novermber. tersedia banyak hal selama pameran, seperti artis Indonesia yang tumbuh dan besar di internet.