Search
Senin 15 Juli 2024
  • :
  • :

Pengguna Ponsel Indonesia Diproyeksi Capai 301,7 Juta di Akhir 2013

MAJALAH ICT – Jakarta. Pengguna telepon seluler Indonesia diproyeksi akan mencapai 301,7 juta di akhir 2013 ini. Meskipun begitu, proyeksi di akhir 2017 diperkirakan akan menurun dan tidak bertambah signifikan mengingat pertumbuhan yang melemah di kuartal I 2013 ini, dimana hanya mencapai 344,1 juta.

Demikian dilaporkan Fast Market Research, lembaga riset pemasaran dan bisnis informasi. Menurut Fast Market Research, perlambatan dilihat berdasar pertumbuhan tiga operator utama, yaitu Telkomsel, Indosat dan XL Axiata yang tumbuh melambat. Selain melambat, terjadi juga penurunan ARPU. Meskipun saat ini, jelas Fast Market Research dalam laporannya, terjad peningkatan adopsi 3G dan jaringan 3G sudah tersebar secara luas, namun peningkatan ARPU masih belum menunjukkan performa terbaiknya.

Selain sektor telekomunikasi bergerak, Fast Market research juga menyebutkan bahwa di Indonesia telepon tetap dan broadband berbasis kabel makin melemah pertumbuhannya. "Fixed-line dan fixed broadband menunjukkan pertumbuhan yang melemah. Kecenderungannya adalah bahwa pengguna maupun kalangan bisnis lebih tertarik menggunakan solusi mobile broadband dan teknologi yang lebih canggih," tulis Fast Market Research.