Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Pengguna WhatsApp Melonjak Jadi 600 Juta, Siap-Siap Dihujani Iklan

MAJALAH ICT – Jakarta. Mewabahnya pengguna WhatsApp, baik untuk komunikasi personal maupun kelompok, membuat pengguna aplikasi ini melonjak naik mencapai 600 juta pengguna. Pencapaian tersebut dilaporkan CEO WhatsApp Jan Koum melalui akun Twitter-nya.

"Sekarang melayani 600 juta pengguna aktif tiap bulannya. Pengguna aktif dan terdaftar sangat berbeda angkanya," kicau Jan melalui akun @jankoum.

WhatsApp yang dibeli Facebook dengan angka fantastis, 19 miliar dolar AS, meski perkembangannya tidak begitu bagus di Amerika Serikat, namun ternyata tumbuh pesat di India, Brasil dan Rusia. Ditambahkan dengan kesederhanaan aplikasi, keagresifan strategi perusahaan serta dimasukkannya aplikasi ini sebagai pre-installed di banyak device, menjadikan WhatsApp juga berkembang di Eropa dan Asia. Sehingga, WhatsApp memiliki keuntungan lebih dibanding kompetitornya seperti KakaoTalk, Line, WeChat dan lainnya. 

Ke depannya, WhatsApp dikabarkan akan menawarkan untuk memberikan layanan integrasi VoIP, sebuah evolusi alami dari fitur pesan suara yang ditambahkannya tahun lalu. Selain itu, pengguna nampaknya juga harus bersiap aplikasi ini akan dihujani dengan iklan. Pasalnya, CEO Facebook, Mark Zuckerberg pernah menyatakan bahwa memang pihaknya belum mau memonetisasi iklan di WhatsApp, menunggu hingga pengguna aplikasi ini mencapai 1 miliar pengguna.