Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Pengujian Tidak Melibatkan Pengguna, IDTUG Ragu Jaringan Telekomunikasi Membaik

MAJALAH ICT – Jakarta. Pengujian jaringan telekomunikasi yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama operator penyelenggara telekomunikasi diragukan hasilnya oleh Indonesian Telecommunictaion USers Group. Hal itu dikarenakan pengujian tidak independen karena hanya dialkukan dua pihak, pemerintah dan operator, tanpa mengajak pengguna untuk menguji kesahihan drivestest yang dilakukan.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal IDTUG Muhammad Jumadi. Menurut Jumadi, pihaknya telah berulang kali mengingatkan, jika pengujian nantinya ditujukan buat pengguna telekomunikasi, seyogyanya pengguna maupun lembaga-lembaga independen diajak untuk bersama-sama menguji. "Harusnya pengujian melibatkan pengguna atau konsumen serta lembaga-lembaga yang independen agar hasil yang didapat juga fair," tegas Jumadi.

Ditambahkan lelaki yang juga aktif di International Telecommunication Users Group ini (INTUG), independensi penting karena sekarang ini meskipun ada pemerintah, namun kualitas yang dirasakan pengguna juga tidak menjadi lebih baik. "Beberapa kali misalnya pengguna BBM (BlackBerry Messenger) harus kecewa dengan layanan ini karena pesan terlambat diterima bahkan beberapa kali down. Belum lagi jaringan serat optik backbone yang juga sering putus. Kalau layanan telekomunikasi, semua orang juga tahu bahwa kualitasnya kini memprihatinkan. Untuk layanan suara kualitas seperti menggunakan telepon kaleng, sementara untuk layanan data kecepatannya pun juga masih terasa lamban," katanya.

Menurut Jumadi, seharusnya dengan kemajuan penggunaan layanan data, layanan suara dan SMS tetap perlu diuji, namun layanan data juga dilakukan penguji dengan menerapkan metode yang berbeda dengan layanan suara dan SMS. "Saya melihat pemerintah dan operator telekomunikasi belum pernah menguji sesuai standar pengujian yang ada," pungkas Jumadi.