Search
Selasa 25 Juni 2024
  • :
  • :

Penurunan Biaya Interkoneksi Ditunda, Telkomsel Ikut Pemerintah

MAJALAH ICT – Jakarta. Pemerintah telah menetapkan bahwa penurunan biaya interkoneksi yang sedianya diimplementasikan pada awal September lalu, ditunda sampai batas waktu yang belum ditetapkan, menyusul rencana pemerintah menghitung biaya interkoneksi melalui konsultas independen. Pembatalan tersebut diterima Telkomsel yang akan mematuhi apa yang diputuskan pemerintah tersebut.

"Kami tetap memberlakukan besaran biaya interkoneksi yang telah disepakati pada PKS masing-masing atau berdasarkan besaran biaya interkoneksi yang telah diimplementasikan tahun 2014 berdasarkan surat Kemkominfo Nomor 118/KOMINFO/DJPPI/PI.02.04/01/2014 tanggal 30 Januari 2014 perihal Implementasi Biaya Interkoneksi tahun 2014," kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah. Menurut Ririek, pihaknya akan mematuhi ketentuan tersebut sampai ditetapkannya besaran biaya interkoneksi baru.

Meski demikian, Ririek tetap berharap perhitungan biaya interkoneksi berdasarkan ketentuan yang berlaku, baik PP No 52 Tahun 2000 maupun PM No 8 Tahun 2006. Ketentuan itu menyebut biaya interkoneksi harus berbasis biaya yang merupakan costrecovery masing-masing operator dalam menggelar jaringan sesuai komitmen pembangunan. Sehingga, tak ada operator yang mendapatkan keuntungan dari interkoneksi, dan tak ada yang dirugikan.

Dalam pandangan Telkomsle, katanya, perhitungan berbasis biaya dengan model asimetris dianggap yang terbaik dan paling adil, tidak hanya untuk operator tapi juga seluruh pelanggan. Sebab dengan model simetris, hal ini akan membuat operator untuk membangun lebih luas lagi karena mereka dengan mudah bisa memanfaatkan jaringan operator yang sudah lebih dulu membangun.

Sebagaimana diketahui, Menteri Kominfo mengeluarkan surat Nomor: S-1668/M.KOMINFO/PI.02.04/11/2016 tanggal 2 November 2016 mengenai Penyampaian Penetapan Perubahan DPI Milik PT. Telkom, Tbk dan PT Telkomsel Tahun 2016 dan Implementasi Biaya Interkoneksi. Dalam surat itu, Menkominfo menyatakan akan tetap memberlakukan besaran biaya interkoneksi yang telah disepakati pada PKS masing-masing atau berdasarkan besaran biaya interkoneksi yang telah diimplementasikan tahun 2014 berdasarkan surat Kemkominfo Nomor: 118/KOMINFO/DJPPI/PI.02.04/01/2014 tanggal 30 Januari 2014 perihal Implementasi Biaya Interkoneksi tahun 2014.