Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

PERGESERAN TI (6): Perubahan Industri TI Sangat Cepat

MAJALAH ICT – Jakarta. Di dunia bisnis perubahan sudah menjadi sesuatu yang lazim, terutama untuk industri TI perubahannya terasa lebih cepat lagi. Perusahaan yang tidak dapat mengantisipasi perubahan akan tergulung dengan ombak yang cukup besar.

Perubahan yang cepat dapat diantisipasi oleh perusahaan bila perusahaan tersebut memiliki sumber daya berkualitas. Sumber daya ini meliputi sumber daya tangible seperti karyawan, peralatan, teknologi, serta uang. Sedangkan sumber daya yang tidak tangible seperti desain produk, informasi, merk, hubungan antara pemasok, distributor, dan pelanggan.

Bila perusahaan mempunyai sumber daya yang berkualitas, maka perusahaan tersebut dapat mengantisipasi perubahan dengan cepat. Pertanyaannya bagaimana kita dapat meningkatkan kualitas sumber daya yang ada terutama adalah sumber daya manusia.

Dalam meningkatkan sumber daya manusia ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti lingkungan kerja akan sangat berpengaruh terhadap produktifitas, suasana kerja yang ceria, tidak ada ketegangan akan mengembangkan kreatifitas yang cukup tinggi, hubungan yang harmonis setiap anggota team juga akan berpengaruh terhadap umpan balik yang bisa didapatkan, seperti permasalahan yang terjadi dilapangan, kesalahan yang dibuat oleh team semuanya dapat diceritakan tanpa ada rasa takut.

Suasana kerja seperti ini akan membuat perkembangan perusahaan menjadi sangat cepat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah dengan sharing knowledge antar departemen menjadi sangat penting, marketing dan sales akan mengetahui persoalan yang banyak dihadapi oleh pelanggan di lapangan melalui sistem integrator, dan sistem integrator dapat mengetahui apa yang diharapkan oleh pelanggan dari application support dan application consultant.

Sebagai salah satu perusahaan piranti lunak lokal, demi meningkatkan produktivitas serta kualitas sumber daya dan layanan terhadap pelanggan, Andal Software melakukan sharing knowledge secara rutin baik formal maupun informal. Hal ini dilakukan guna mengetahui keluhan dari pelanggan, sehingga Andal dapat menanggapi dengan cepat dan tepat, karena informasinya akan mengalir dengan cepat pula.