Search
Rabu 19 Mei 2021
  • :
  • :

Peringati Harkitnas, Kementerian Kominfo Ajak Anak Muda Berkarya di Dunia Digital

MAJALAH ICT – Jakarta. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 Tahun 2018 ini menjadi momentum bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengajak anak muda meningkatkan hasil karya di dunia digital. Tak hanya untuk memastikan agar Indonesia menjadi pemain dalam lansekap digital, tapi untuk memastikan kelanggengan persatuan dan kesatuan.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti mengingatkan generasi yang hidup di era “bonus demografi” di saat yang sama juga beririsan dengan “generasi milenial” yang terpapar oleh masifnya perkembangan teknologi digital. Jika tidak bisa menjadi pemain pasar, digitalisasi justru akan menjadi ancaman.

“Digitalisasi di berbagai bidang ini membuka jendela peluang, namun dapat menjadi ancaman jika kita hanya pasif sebagai pengguna dan pasar. Akan jadi berkah jika kita taklukkan dengan menjadi pemain yang menetukan lanskap ekonomi berbasis digital dunia,” katanya saat membacakan Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika dalam upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 di Lapangan Anantakupa Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (21/05/2018)

Mengutip data Badan Pusat Statistik, Dirjen Niken menyebutkan dalam kurun waktu dua tahun lagi Indonesia akan memasuki era keemasan “Bonus Demografi”, di mana usia penduduk produktif lebih tinggi dibanding usia non-produktif. “Era ini akan menyuguhkan berbagai potensi keuntungan, salah satunya angka ketergantungan penduduk diperkirakan akan mencapai titik terendah yaitu 46,9%,” katanya.

Oleh karena itu, Dirjen Niken mengajak semua pihak agar dapat memanfaatkan potensi keuntungan tersebut dengan baik agar tidak sekadar menjadi proyeksi.

“Kita akan masuk era keemasan “bonus demografi” yang akan berpuncak di tahun 2028 hingga 2031. Proyeksi keuntungan bonus demografi ini akan tinggal proyeksi, jika mutu sumber daya manusia pada tahun-tahun puncak tersebut tidak dapat mengungkit mesin pertumbuhan ekonomi. Usia produktif hanya akan jadi rentang catatan usia dibanding catatan produktivitas,” tandasnya.

Dirjen Niken turut berbangga akan anak-anak muda kreatif Indonesia yang mampu menaklukkan gelombang digitalisasi. “Banyak kreator konten dan pengembang aplikasi Indonesia yang mendunia. Mereka jadikan internet, media sosial, situs web, sebagai ladang baru untuk berkarya, dan pasar yang menjanjikan bagi kreativitas,” tuturnya.

Di akhir sambutan, ia kembali mengimbau agar semua pihak bersama-sama mencegah penyebaran konten yang memecah belah persatuan. “Tidak ada satu pihak yang tanggung jawabnya lebih besar dibanding yang lain untuk ini. Mari kita bersama-sama jauhkan dunia digital dari anasir pemecah-belah dan konten negatif, agar anak-anak kita bebas berkreasi, berekspresi, dan mendapatkan manfaat darinya,” tutup Niken.

Serahkan Pemenang Lomba Pidato ASN

Usai prosesi upacara, turut diselenggarakan penyerahan hadiah kepada para pemenang Lomba Pidato Aparatur Sipil Negara (ASN) Tingkat Kementerian Kominfo. Lomba yang diselenggarakan pada Kamis lalu (17/05/2018) menjadi salah satu Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 oleh Kementerian Kominfo.

Juara I diraih Riva’atul Adaniah Wahab dari satuan kerja Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, sementara Juara II diraih oleh Duhita Mardiana dari satuan kerja Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, dan Juara III diraih oleh Erisvaha Kiki Purwaningsih yang juga berasal dari satuan kerja Balitbang SDM.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *