Search
Kamis 18 April 2024
  • :
  • :

Perjuangkan Kepentingan ASEAN, Menkominfo: Indonesia dan Malaysia Saling Dukung di Forum ITU

MAJALAH ICT – Jakarta. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Indonesia dan Malaysia akan saling memberikan dukungan untuk memperjuangkan kebijakan dan tata kelola telekomunikasi universal.

“Bersama-sama bergandengan tangan dengan seluruh negara di ASEAN terkait utusan masing-masing negara di International Telecommunication Union (ITU). Karena ini berkaitan juga dengan regulasi dan hak-hak ASEAN, hak-hak negara masing-masing kita yang berhubungan dengan kebijakan-kebijakan dan tata kelola telekomunikasi universal. Seperti misalnya yang berhubungan dengan slot-slot orbit yang kita butuhkan,” jelasnya usai menerima kunjungan bilateral Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia YB Tan Sri Datuk Seri Panglima TPr Annuar Haji Musa di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (19/08/2022).

Menurut Menkominfo, baik Indonesia, Malaysia, dan ASEAN juga saling mendukung terkait kebijakan yang berhubungan dengan perkembangan dan transformasi digital.

“Indonesia dan Malaysia dari waktu ke waktu terus membangun hubungan dan menjalin hubungan yang semakin erat, agar kerjasama itu bermanfaat di telekomunikasi dan di broadcasting,” tandasnya.

Menteri Annuar Haji Musa menegaskan Pemerintah Republik Indonesia dan Malaysia memiliki tujuan yang sama dalam mengembangkan dan mengadopsi bidang telekomunikasi. Hal tersebut diakuinya dari tindaklanjut yang dilakukan pada pertemuan-pertemuan sebelumnya.

“Saya juga melihat setiap pertemuan saya dengan Bapak Johnny Plate, kami dapat bersama-sama berfungsi, menjalin kerja sama yang sangat berguna, dan banyak kebijakan-kebijakan yang memang bukan saja ada kebersamaan, tetapi juga mempunyai hal dan tujuan yang sama. Karena justru pertemuan yang seperti ini, bahkan ditindaklanjuti oleh pegawai-pegawai tertinggi daripada kedua negara,” jelasnya.

Berkaitan dengan dukungan di tingkat global, Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia pun menegaskan komitmen yang sama seperti dalam forum ITU, di mana kedua negara terus membahas peluang kerja sama tersebut.

“Agenda lain dalam pertemuan yang seperti ini sangat besar maknanya, saya melihat ruang itu terus bekerjasama. Bukan saja dalam soal pengalaman bagaimana masing-masing negara menangani masalah penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan penggunaan teknologi yang terkini, tetapi juga pengurusan cyber space secara keseluruhannya,” tandasnya.

Dalam pertemuan tersebut, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan,
Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Ismail, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, dan Staf Khusus Menteri Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia Dedy Permadi.