Search
Senin 15 April 2024
  • :
  • :

Perkuat Ekosistem Ekonomi Digital Indonesia, Pemerintah Jajaki Kerja Sama

MAJALAH ICT – Jakarta. Kementerian Perdagangan terus memperkuat ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Untuk itu, Kementerian Perdagangan menginisiasi kerja sama dengan Google Indonesia, di antaranyauntuk mendorong peningkatan kinerja perdagangan digital, khususnya niaga elektronik (e-commerce)dan penguatan kapasitas sumber daya manusia(SDM).

“Dalam upaya mendorong kinerja perdagangan digital, khususnya e-commerce, tentunya membutuhkan kerja sama dan kolaborasi konkret dengan para pemangku kepentingan seperti Google Indonesia,” ujar Kepala Badan Kebijakan Perdagangan, Kasan dalam acara bertajuk RAKIT (Rancang Kemajuan Indonesia dalam Teknologi Digital) di Jakarta Pusat.

Kasan menyampaikan, pemerintah khususnya Kementerian Perdagangan perlu bekerja sama dengan Google sebagai perusahaan teknologi informasi berskala internasional dalam mengembangkan ekosistem perdagangan digital Indonesia. Google memiliki sejumlah riset seputar ekonomi digital di Asia Tenggara.

“Ini dapat menjadi salah satu sumber informasi penting bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan. Kerja sama pemanfaatan alat analisis, data dan laporan Google, serta pelatihanmenjadi fokus Kementerian Perdagangan pada 2023,” ujar Kasan.

Kasan melanjutkan, kerja sama peningkatan kapasitas SDM dan pemanfaatan teknologi serta alat analisis Google diharapkan dapat mendukung Kementerian Perdagangan khususnya dalam menghasilkan rumusan kebijakan yang sesuai dengan tren dan perkembangan perdagangan digital.

“Saya memberikan apresiasi kepada Google Indonesia atas kesempatan ini dan berharap informasi yang diperoleh peserta dapat diimplementasikan di Kementerian Perdagangan untuk mendorong kontribusi perdagangan digital dan memberikan manfaat bagi pelaku usaha, khususnya UMKM”, jelas Kasan.

Dalam kegiatan itu, Direktur Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Google Indonesia Putri Alam menyambut baik inisiatif kerja sama Kementerian Perdagangan dengan Google Indonesia. Program Google Indonesia terkait perdagangan antara lain mendukung pengembangan bisnis lokal dan UMKM, serta mendukung riset di bidang ekonomi digital.

“Harapannya melalui berbagai program, Google Indonesia dapat terus berkolaborasi dengan pemerintah dan dunia usaha agar bisa meningkatkan daya saing usaha di Indonesia,” ungkapnya.

Turut hadir di dalam diskusi Director Apps E-Commerce Entertainment Google Southeast Asia Samuele Saini, Head of Data & Insight Google Southeast Asia Geia Lopez, Strategic Partner Development Manager Google William Prabowo, dan Partner Bain Research Willy Chang. Selain perwakilan Kementerian Perdagangan, pertemuan juga diikuti perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Pusat Statistik, Sekretariat Kabinet, dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.