Search
Jumat 20 September 2019
  • :
  • :

Perkuat Reformasi Birokrasi, Kominfo Luncurkan Ruang Belajar

MAJALAH ICT – Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan Ruang Belajar RB. Targetnya mendorong seluruh Aparatur Sipil Negara di Kementerian Kominfo untuk menjadi bagian aktif dalam perubahan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

“Reformasi Birokrasi Kominfo telah bergulir sejak tahun 2010, manfaat adanya reformasi birokrasi juga telah kita rasakan bersama, diantaranya predikat WTP untuk laporan Keuangan, Akuntabilitas kinerja dengan nilai BB,“ jelas Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti dalam Peluncuran Ruang Belajar RB di Ruang Rapat Mashuri, Gedung B, Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta.

Menurut Sekjen Niken, ke depan Kementerian Kominfo menargetkan perubahan bisa berlangsung secara optimal dan dapat dilaksanakan seluruh sumberdaya manusia Kementerian Kominfo.

“Terkait perubahan yang dirasakan oleh seluruh SDM Kominfo, dari tahun ke tahun telah dilaksanakan sosialisasi melalui kegiatan tatap muka, melalui infografis yang disebarluaskan melalui wa dan ditayangkan di TV plasma, melalui siaran radio, melalui rapat-rapat koordinasi RB dan juga memasukkan materi RB di acara capacity building,” ungkapnya.

Keberadaaan ruang belajar, menurut Sekjen Kementerian Kominfo diharapkan dapat meningkatkan pemahaman seluruh  SDM Kominfo tentang pelaksanaan reformasi birokrasi.

“Ruang belajar ini bisa menjadi wahana belajar substansi dengan “fun dan memorable”. Setiap ASN bisa berdiskusi, bahkan menjadi wahana mengembangkan insipirasi dan inovasi untuk perbaikan RB di Kementerian Kominfo,” jelas Sekjen Niken.

Ruang Belajar RB juga diharapkan menjadi sarana internalisasi RB bagi seluruh sivitas Kementerian Kominfo. “Targetnya untuk memaksimalkan partisipasi seluruh SDM Kominfo dalam pelaksanaan reformasi birokrasi,” tandas Sekjen Kominfo.

Menurut Sekjen Kementerian Kominfo, pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Kominfo yang paling terasa dampaknya kepada sivitas Kominfo adlah kenaikan tunjangan kinerja secara berkala.

“Namun, impelementasi reformasi birokrasi harus membawa perubahan untuk seluruh SDM Kementerian Kominfodengan adanya reformasi birokrasi. Nantinya, RB bukan lagi tanggung jawab Pokja RB akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh SDM Kominfo,” tandasnya.

Selama dua tahun terakhir, Kementerian Kominfo mengalami kenaikan hasil penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Hasil evaluasi Reformasi Birokrasi pada tahun 2017 dengan skor Indeks Reformasi Birokrasi 73,13 dengan skala BB. Setahun kemudian, pada 2018, Kementerian Kominfo mengalami kenaikan skor indeks menjadi 75,01 dengan skala BB.

Skala itu mencerminkan tingkat akuntabilitas instansi pemerintah dalam mempertanggungjawabkan hasil atau manfaat dari seluruh penggunaan anggaran negara/daerah secara efektif, efisien, dan ekonomis. Mulai dari aspek perencanaan kinerja dan target kinerja, penyelarasan anggaran, dan laporan capaian kinerja sesuai dengan perencanaan.

Ruang Belajar RB yang disiapkan Kelompok Kerja Manajemen Perubahan itu dapat dimanfaatkan oleh sivitas Kementerian Kominfo mulai Jumat 16 Agustus 2019 s.d. Jumat 27 September 2019.

“Semoga Ruang belajar RB dapat mendorong minat belajar bagi pegawai baru, menambah pengetahuan bagi yang pernah belajar dan menjadi sarana diskusi dan sharing knowledge bagi pegawai yang sudah paham RB, sehingga RB Kominfo benar-benar bisa kita rasakan bersama-sama,” ungkap Sekjen Niken sembari menegaskan bahwa kesuksesan reformasi birokrasi di Kementerian Kominfo menjadi tanggung jawab bersama sivitas Kementerian Kominfo.

Acara peluncuran dihadiri oleh Inspektur Jenderal Doddy Setiadji dan pejabat di lingkungan Kementerian Kominfo serta Kelompok Kerja Reformasi Birokrasi Kementerian Kominfo. Selain peluncuran ruang belajar juga diisi dengan penayangan video pelaksanaan reformasi birokrasi, Kuis RB dan Penandatanganan Komitmen Reformasi Birokrasi.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *