Search
Minggu 14 April 2024
  • :
  • :

Pertahankan Integritas Akademik, Universitas Terbuka Gandeng Web-Based Tools Turnitin untuk Tingkatkan Kualitas Lulusan Program Sarjana

MAJALAH ICT – Jakarta. Turnitin, penyedia solusi integritas dan penilaian akademik terkemuka, dan Universitas Terbuka (UT) Indonesia telah memperbarui kemitraan mereka selama satu tahun lagi dan akan terus menyediakan Turnitin Feedback Studio untuk menjaga integritas akademik dalam program sarjana UT.

Sejak 2013, mahasiswa dan pendidik UT menggunakan Turnitin Feedback Studio untuk memeriksa kesamaan teks dan mencegah plagiarisme, menerima dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk mengubah kesalahan menjadi momen pembelajaran, dan menyederhanakan penilaian di lingkungan belajar yang fleksibel—melalui tatap muka, hybrid, dan jarak jauh. Hal ini telah terbukti dengan adanya pembatasan selama pandemi, kebutuhan akan solusi akademik yang dapat diakses sangat penting, membuat misi Universitas Terbuka untuk menyediakan pendidikan tinggi yang terbuka dan jarak jauh bagi semua semakin penting.

“Memastikan mahasiswa kami diperlengkapi dengan peralatan yang menunjang untuk menghasilkan penelitian yang berdampak mendukung pengajaran dan pembelajaran di UT, dan melalui kemitraan ini, Turnitin telah membantu kami menjaga standar akademik model pembelajaran jarak jauh kami sebagai bagian yang terbaik selama 10 tahun terakhir,” kata Dimas Agung Prasetyo, M.S., kepala departemen, ICT, UT.

“Seperti yang telah kita lihat, ruang kelas hybrid dan jarak jauh memunculkan tantangan yang sangat berbeda terhadap pembelajaran autentik, oleh karena itu kemitraan ini diperlukan untuk memastikan dosen pengajar pada tingkat sarajana kami terus menawarkan bimbingan jangka panjang,” tambah Dimas.

Dimas melanjutkan, “Dengan adanya kecurangan di atas kertas dan sejenisnya menjadi lebih umum, secara proaktif mengatasi pelanggaran sangat penting untuk melindungi reputasi kami sebagai kampus yang dihormati dan progresif secara digital.”

Yovita Marlina, Senior Manager, Customer Growth, Turnitin Southeast Asia mengatakan, “Perpanjangan lisensi ini dengan UT menandakan langkah maju lainnya dalam hubungan dan komitmen kami untuk mendukung siswa dan pendidik.”

“Membantu UT mengatasi bentuk plagiarisme dan kolusi yang diambil hari ini melanjutkan peran kami sebagai penyedia solusi dan penasihat, yang telah membantu dalam memperkuat penawaran pembelajaran online dan hybrid pada institusi selama hampir 10 tahun,” kata Yovita.

“Sebagai mitra yang mapan, sangat menginspirasi untuk melihat bagaimana UT telah menerapkan teknologi dalam membuat pendidikan tinggi lebih mudah diakses. Kami bangga dapat mendukung upaya ini, dan berharap dapat berkolaborasi dengan institusi lain di seluruh Indonesia yang berkomitmen pada cita-cita yang sama yaitu perbaikan yang ketat dan berkelanjutan,” tambah Yovita.

Tahun lalu, Turnitin Feedback Studio digunakan oleh 30 juta siswa di seluruh dunia untuk meningkatkan kualitas penulisan dan penelitian mereka. Pengguna melaporkan terjadi penurunan sebesar 50 persen dalam plagiarisme, sementara pengajar mengatakan mereka telah mengurangi waktu yang dihabiskan untuk melakukan penilaian sebesar 38 persen.