Search
Kamis 26 November 2020
  • :
  • :

Platform Cloud Terpadu Mendemokratisasi Perangkat Lunak Bisnis

MAJALAH ICT – Jakarta. Kemajuan pada komputasi awan telah mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia. Mulai dari cara kita membayar tagihan, berkomunikasi, hingga menjelajahi jalanan ibu kota, kehadiran teknologi cloud telah membuktikan adanya disrupsi pada kebiasaan lama kita menjalani kehidupan.

Nyatanya pada dunia perangkat lunak bisnis, industri ini telah mengalami perubahan besar dalam dua dekade terakhir, dan sekarang sedang mengalami percepatan pengadopsian karena krisis global yang terjadi pada 6 bulan terakhir. Perangkat lunak mahal dan kompleks yang sebelumnya sulit ditemukan sekarang banyak tersedia karena cloud dan perkembangan teknologi lainnya. Tahap ini membuahkan demokratisasi pada bisnis perangkat lunak, yaitu pergeseran sumber daya yang dulu langka menjadi sesuatu yang dapat digunakan oleh semua orang.

Perubahan pada aplikasi perkantoran yang lebih demokratis, mudah digunakan, dan terjangkau terjadi karena berbagai alasan. Berikut beberapa diantaranya:

Merambaknya TI

Perangkat lunak telah menjadi faktor penting dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka kini lebih mudah digunakan. Tindakan yang dulu memerlukan bermacam proses pengkodean dan pengetahuan teknis, kini dapat diselesaikan hanya dengan melakukan drag and drop. Aplikasi perkantoran telah mengikuti dan semakin terasa seperti aplikasi sehari hari. Dengan fitur yang umum serta antarmuka pengguna yang familiar, kini keahlian dan pelatihan khusus tidak lagi diperlukan untuk membangun dan menjalankan perangkat lunak.

Mempertahankan Produktivitas

Ponsel pintar telah menempatkan teknologi mutakhir di tangan Anda, memungkinkan Anda menjalankan bisnis ke mana pun Anda pergi. Perangkat lunak yang canggih dan mudah digunakan telah tersedia di mana-mana, yang artinya karyawan tidak lagi terpaku pada komputer meja. Nyatanya, menjalankan dan menyebarkan informasi meskipun Anda sedang dalam perjalanan kini semakin mudah. Penyedia perangkat lunak yang memfokuskan diri pada konsumen turut menyediakan aplikasi selulersebagai cara lain untuk mengakses layanan.. Karyawan dapat tetap terhubung satu sama lain dan membagikan temuan secara waktu nyata mereka melalui cloud.

Makin Banyak Pilihan

Bagian dari demokrastisasi perangkat lunak adalah semakin banyaknya pilihan konsumen. Setiap hari, solusi baru ditambahkan ke dalam pasar aplikasi, sehingga masyarakat memiliki berbagai opsi untuk menangani proses bisnis apa pun. Ragam produk baru ini juga memberikan kesempatan pada pemilik usaha untuk melihat aktivitas perusahaan lain untuk mengatasi masalah serupa.

Dulu, hanya ada beberapa penyedia perangkat lunak yang bisa dipilih oleh pemilik usaha. Sekarang sudah ada ratusan alternatif. Karena banyaknya pilihan, konsumen dapat menentukan bagaimana mereka mengelola bisnis tanpa harus mempelajari keahlian baru.

Penyeimbang yang Hebat

Dahulu perangkat lunak bisnis membutuhkan modal yang sangat banyak. Konsekuensinya, hanya perusahan besar dengan dana berlimpah yang mampu memiliki fitur dan kemampuan yang disediakan oleh komputasi awan. Namun, kebangkitan teknologi cloud dan seluler tidak lagi dikaitkan dengan kebutuhan instalasi di tempat serta biaya (dan waktu) yang mengikutinya. Anda tidak lagi butuh ruangan penuh peladen (server) atau modal besar untuk menjalankan bisnis.Hanya dengan ponsel pintar saja sudah cukup. Hasilnya? Pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki akses ke alat yang biasanya dimiliki perusahaan besar selama bertahun-tahun. Sekarang mereka dapat memberikan pengalaman kelas dunia yang tidak kalah saing kepada konsumennya..

Perangkat Lunak yang Bisa Anda Tentukan

Karena perangkat lunak semakin masif dan umum dipakai, , semakin banyak pulapenggunanya. Sistem yang dipakai untuk menjalankan bisnis kerap diserahkan pada tim IT.. Tapi kini tidak lagi. Perangkat lunak bisnis saat ini adalah yang paling mudah digunakan, sehingga mereka yang bukan ahlinya pun dapat memutuskan sistem apa yang akan mereka gunakan.

Terlebih lagi, kecanggihan virtualisasi data membuat pengguna dapat mengakses informasi yang dibutuhkan tanpa alat khusus atau ilmu tertentu. Data kini dapat ditarik dan dianalisa oleh individu tanpa harus mengenal struktur, lokasi, atau format. Artinya,semakin banyak orang dapat memiliki akses pada apa pun yang dibutuhkan, tanpa melalui pelatihan eksklusif untuk mencapainya. Batasan tim IT dapat dieliminasi dan saatnya mulai mengambil alih usaha Anda.

Kami percaya bahwa perangkat lunak membuat hidup lebih baik, namun Anda tetap membutuhkan aplikasi terpadu yang tepat. Anda membutuhkan perangkat lunak yang cukup mudah untuk digunakan pemula, cukup canggih untuk yang ahli, dengan harga yang masuk akal. Temukan solusi aplikasi bisnis terpadu yang mencakup semuanya dalamkomputasi awan, termasuk beragam aplikasi yang dirancang untuk menangani setiap proses bisnis dan bisa dijalankan pada semua alat. Selain itu, produknya harus terjangkau dan menggunakan teknologi terkini, memprioritaskan privasi serta keamanan data.. Terakhir, Anda harus yakin bahwa penyedia yang dipilih memiliki tujuan bisnis yang sejalan dengan visi Anda, serta akan dengan senang hati membantu Anda setiap saat.

Ditulis oleh Gibu Mathew, VP & GM Asia Pacific dari Zoho Corporation.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *