Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Ponsel Samsung Galaxy akan bisa Jalankan Android dan Windows Bersamaan

MAJALAH ICT – Jakarta. Sebuah paten yang didaftarkan Samsung di Korea Selatan pada tahun 2015 dan diterbitkan baru-baru ini menunjukkan smartphone Galaxy futuristik yang mampu berjalan pada dua sistem operasi, yaitu Windows dan Android, pada saat yang sama. Sampai sekarang ponsel Samsung hanya berjalan di OS Android dengan beberapa pengecualian yang berjalan pada rsistem operasi besutan Samsung sendiri, OS Tizen. 

Menurut laporan, dari diagram pengajuan paten terlihat bagaimana dua sistem operasi akan berdampingan dan digunakan pada saat yang sama, dengan pengguna mampu meminimalkan setiap OS dan bergeser dari satu OS ke sistem operasi yang lain. Lebih rinci juga ditunjukkan bagaimana folder dan sumber daya bersama dapat diatur, sehingga kedua sistem operasi memiliki akses kepada sumber daya dan folder yang ada.

Beralih antara sistem ditunjukkan seperti beralih antara beberapa aplikasi dalam fitur Samsung atau Android Multi Jendela yang tergabung dalam ponsel Galaxy saat ini. Selain itu, kinerja masing-masing OS dapat dikendalikan secara manual dengan menyesuaikan akses mereka ke CPU, RAM dan penyimpanan.

Pengguna bahkan dapat melakukan pemindahan file antara dua sistem operasi. Hanya dengan meminimalkan sebuah OS dari sebuah ikon dan menekan tombol Home pengguna akan diarahkan kembali ke layar OS rumah kedua.

Lebih dari pengembangan desain software, ide seperti ini akan membutuhkan Samsung dan Microsoft untuk membuat kesepakatan agar hal ini menjadi kenyataan. Meskipun merek Lumia ketika itu di bawah Nokia telah datang dengan ponsel Android, Samsung belum pernah melakukan integrasi dengan Windows sejauh ini. Meski, Samsung memang telah memiliki beberapa perjanjian lisensi di masa lalu dengan Microsoft untuk pra-install beberapa aplikasi pada ponsel Samsung.