Search
Kamis 29 Juli 2021
  • :
  • :

Presiden SBY Angkat Ilham Habibie Sebagai Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengangkat Ilham Akbar Habibie sebagai Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional atau yang disebut Dewan TIK Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 1 Tahun 2014 yang ditandatanganinya pada 20 Januari 2014. Ilham Akbar Habibie merupakan putra sulung mantan Presiden RI ke III BJ. Habibie. 

Dalam Keppres itu disebutkan susunan keanggotaan Dewan TIK Nasional terdiri atas Tim Pengarah, Tim Pelaksana, Tim Penasihat, dan Tim Mitra (terdiri dari pemangku kepentingan di bidang industri teknologi dan informasi, akademisi dan praktisi yang ditetapkan oleh Ketua Harian Tim Pengarah).

Tim Pengarah dipimpin langsung oleh Presiden, didampingi Wakil Ketua merangkap anggota Menko Perekonomian, Ketua Harian merangkap anggota Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas. Adapun anggota Tim Pengarah yakni Menkominfo, Mendikbud, Menteri Perindustrian, Menteri Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Riset dan Teknologi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Sekretaris Kabinet.

Sementara sebagai Ketua Tim Pelaksana, Ilham Habibie didampingi Wakil Ketua Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Sekretaris Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Wakil Sekretaris I Muhammad Andy Zaky (CEO Teknopreneur Indonesia) dan Wakil Sekretaris II Mira Tayyiba (Bappenas).

Adapun anggota Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional adalah Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Sekjen Kemenkes, Sekjen Kemendag, Dirjen Anggaran Kemenkeu, Sekretaris Kementerian PAN-RB, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kemdikbud, Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia, dan Wakil Ketua Umum Bidang ICT dan Penyiaran KADIN.

Selain itu juga terdapat sejumlah profesional yang menjadi anggota Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional, yaitu Amir Sambodo, Sylvia Sumarlin, Indra Utoyo, Hari Sungkari, Garuda Sugardo, Zainal A. Hasibuan, Virano G. Nasution dan Ashwin Sasongko Sastrosubroto.

Sedangkan yang bertindak sebagai Tim Penasihat Dewan TIK Nasional adalah Ketua Umum KADIN, Ketua Komite Inovasi Indonesia, Ketua Komite Ekonomi Indonesia, Rektor ITB, Rektor Universitas Indonesia, Rektor UGM, Rektor ITS Surabaya, Dirut PT Telkomunikasi Indonesia Tbk, Dirut PT Indosat Tbk, dan Dirut PT XL Axiata Tbk.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *