Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

PT Data Center Infrastructure Indonesia Raih Sertifikasi Tier IV

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Data Center Infrastructure Indonesia (PT DCI) telah siap untuk menjadi penyedia layanan data center berkelas dunia. Hal ini setelah perusahaan ini dinobatkan sebagai data center pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang telah mendapatkan sertifikasi Tier IV Design dari Uptime Institute. Sertifikasi Tier IV Design yang dimiliki oleh PT DCI Indonesia, menunjukkan komitmen dari PT DCI Indonesia untuk memberikan layanan terbaik dan berkelanjutan kepada pelanggannya agar mereka dapat menjalankan operasionalnya secara berkesinambungan. Hal ini dimungkinkan karena pelanggan mendapatkan layanan yang dapat diandalkan dengan waktu uptime tertinggi sesuai dengan service level agreement yang dijanjikan serta jaminan keamanan dengan standar yang tinggi pula.

Uptime Institute merupakan lembaga terkemuka yang menciptakan standar Tier Classification System, lembaga ini telah mengevaluasi Data Center PT DCI Indonesia secara seksama sesuai dengan standarisasi yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, PT. DCI Indonesia dinyatakan telah memenuhi persyaratan dan standar sebagai penyedia data center yang memiliki redundancy tertinggi, hal ini berarti potensi terjadinya kegagalan dalam memberikan layanan kepada pelanggan sangat kecil.

"Pelanggan PT DCI Indonesia yang memiliki latar belakang dari sektor finansial, telekomunikasi, cloud computing, e-payment serta minyak dan gas, menuntut layanan data center dengan tingkat ketersediaan layanan (availability) yang semakin tinggi agar operasional mereka dapat terus berjalan tanpa gangguan. Sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi positif yang tinggi serta peningkatan jumlah kepemilikan perangkat teknologi yang cukup pesat, Indonesia membutuhkan layanan data center yang prima. Sertifikasi Tier IV Design dari Uptime Institute menunjukkan keseriusan PT DCI Indonesia untuk terus mengikuti perkembangan global sekaligus agar dapat unggul dibanding penyedia data center lainnya," kata Lucas Adrian, Operation Manager PT DCI Indonesia.

Saat ini data center milik PT DCI Indonesia memiliki tingkat ketersediaan sebesar “fife-nines” (99,999%) atau dalam setahun hanya memiliki toleransi waktu downtime selama 5 menit. Tingkat ketersediaan ini dapat dicapai karena PT DCI Indonesia merancang infrastruktur data center dengan menggunakan sumber daya listrik secara redundant. Hal ini bertujuan agar data center secara terus menerus dapat diakses oleh pelanggan, dengan dukungan sumber daya listrik secara redundan ini jika salah satu sumber daya listrik mengalami kegagalan maka sumber daya listrik lainnya secara otomatis dapat memenuhi pasokan daya yang dibutuhkan.

Dari sisi disain konstruksi, perangkat terkait mekanikal dan elektrikal tidak ditempatkan di satu lokasi yang sama, hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi bencana di salah satu lokasi sumber daya listrik maka perangkat yang lain masih dapat berfungsi dengan baik. Desain infrastruktur data center yang mengedepankan layanan berkelanjutan membuat Uptime Institute menganugrahkan sertifikasi Tier IV Design kepada PT DCI Indonesia.

"Merupakan sebuah kebanggaan kami mendapatkan sertifikasi Tier IV Design dari Uptime Institute. Suatu kebanggaan juga pelanggan dapat menjalankan operasional mereka secara berkelanjutan tanpa gangguan menggunakan fasilitas data center kami yang memiliki tingkat ketersediaan tertinggi di Indonesia,” kata Stephanus Oscar, Sales and Marketing Manager PT DCI Indonesia.