Search
Senin 30 Januari 2023
  • :
  • :

PT XL Axiata Bekerjasama dengan Juniper Networks untuk Mempercepat Peluncuran Layanan 5G

MAJALAH ICT – Jakarta. Juniper Networks (NYSE: JNPR), perusahaan terdepan di dunia yang menyediakan jaringan aman berbasis AI, mengumumkan bahwa PT XL Axiata, salah satu perusahaan telekomunikasi selular terbesar di Indonesia akan menggunakan teknologi dan produk dari Juniper yaitu Segment Routing over IPv6 (SRv6) dan Universal Router seri MX untuk meningkatkan infastruktur jaringan yang telah ada. Dengan menggunakan produk-produk Juniper tersebut, XL Axiata akan memiliki fondasi jaringan yang lebih kuat untuk mendukung meningkatnya permintaan akan layanan 5G dan ekonomi digital Indonesia yang sedang berkembang.

Indonesia diproyeksikan akan memiliki 233,53 juta pengguna internet seluler pada 2026. Pertumbuhan pengguna internet dengan akses kepada berbagai layanan digital akan membantu mendorong ekonomi digital negara, yang diharapkan dapat berkontribusi pada Produk Domestik Bruto (GDP) sebesar $150 miliar pada tahun 2025. Untuk mempercepat agenda transformasi digital negara, pemerintah juga telah mengumumkan Roadmap Digital Indonesia, dengan prioritas utama termasuk menyelesaikan infastruktur 4G di lebih dari 10.000 subkawasan pada tahun 2022 dan juga mengembangkan jaringan 5G yang siap untuk digunakan.

PT XL Axiata memiliki sejarah yang panjang dalam membangun jaringan berkualitas tinggi di Indonesia, dimana sebelumnya juga bekerja sama dengan Juniper untuk merancang infrastruktur backhaul seluler yang mendukung jaringan 4G LTE nasional. Berdasarkan hubungan dan sejarah yang kuat inilah PT XL Axiata memilih Juniper sebagai jaringan utama (core dan aggreation) berbasis SRv6 yang akan mendukung peluncuran layanan 5G di seluruh Indonesia.

Platform Universal Routing seri MX240, MX480, MX960 dan MX2020 yang merupakan bagian dari portfolio 400G Juniper akan berfungsi sebagai fondasi/core jaringan transportasi berbasis SRv6. Hal ini dapat memberikan kesiapan pada PT XL Axiata untuk menghadirkan layanan 5G dengan teknologi terkini. Layanan Profesional Juniper juga berperan penting dalam melakukan desain dan implementasi SRv6 di jaringan inti XL Axiata, termasuk memastikan interoperabilitas dengan jaringan IP/MPLS telco yang ada sebelumnya.

Dengan mengimplementasikan SRv6, PT XL Axiata akan memiliki jaringan dengan skalabilitas yang lebih tinggi, proteksi jaringan yang lebih cepat dan traffic management jaringan yang lebih canggih. Mengingat teknologi 5G akan menjadi pilar utama dalam ekonomi digital dan rencana pemulihan pasca pandemic di Indonesia, PT XL Axiata akan membangun jaringan modern yang lebih siap untuk permintaan di masa depan dengan layanan konektivitas berkualitas tinggi dan dapat memberikan pengalaman yang andal dan unggul bagi konsumen dan mitra bisnisnya.

“PT XL Axiata sangat senang melanjutkan kerjasama jangka panjang dengan Juniper Networks dan menjadikannya mitra dalam membangun jaringan 5G kami. Dengan memanfaatkan solusi routing dan kemampuan SRv6 Juniper yang terdepan di industri, PT XL Axiata dapat memiliki jaringan yang bisa lebih diandalkan, skalabilitas jaringan yang lebih luas, serta operasional jaringan yang lebih sederhana. Bersama Juniper, kami berharap dapat mendukung ekonomi digital Indonesia dan menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi sesuai permintaan pelanggan dan pilihan untuk memberikan latensi rendah untuk layanan-layanan 5G ke depan,” demikian disampaikan Fadly Hamka, Group Head Network Planning & Design, XL Axiata.

“Merupakan suatu kehormatan untuk menjadi bagian dari perjalanan 5G PT XL Axiata, yang akan mendukung transformasi digital di negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Perluasan hubungan jangka panjang ini juga merupakan bukti kemampuan kami untuk membangun jaringan yang skalabel dan cerdas secara operasional. Dengan solusi kami yang mengutamakan pengalaman dan kemampuan yang diberikan oleh SRv6, kami yakin bahwa PT XL Axiata akan memberikan pengalaman 5G yang unggul dan terus menyediakan konektivitas kelas dunia di Indonesia untuk waktu yang panjang kedepannya,” tutup Perry Sui, Senior Director, ASEAN & Taiwan, Juniper Networks.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *