Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Rajai Pasar Indonesia, Samsung Layak Dinobatkan sebagai Ponsel Sejuta Umat

MAJALAH ICT – Jakarta. Samsung disebut telah merajai pasar ponsel di tanah air. Dari 60 juta ponsel yang diimport Indonesia sepanjang 2013, Samsung diimpor antara 10-12 juta Ponsel. Sementara BlackBerry terpuruk karena hanya diimport sekitar 1 juta ponsel saja. 

Demikian angka-angka import ponsel itu disampaikan Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian C. Triharso. Dijelaskan Triharso, 60 juta ponsel itu terdiri dari puluhan merk. "Sekitar 10-12 juta-an unit Samsung. Sementara BlackBerry hanya 1 jutaan yan diimpor di 2013 karena sudah banyak yang pindah ke Android," kata Triharso. "Apalagi sekarang BlackBerry Messenger sudah bisa melalui Android," tambahnya.

Tingginya angka impor, membuat pihak Kementerian Perindustrian juga mendorong mendorong produsen-produsen lokal untuk memproduksi ponsel di Indonesia. Beberapa perusahaan yang didorong untuk membangun pabrik perakitan ponsel di Indonesia antara lain Polytron, Axioo, dan juga termasuk rencana Foxconn Technology Group, produsen ponsel asal Taiwan yang sudah lama berencana bangun pabrik di sini. "Kita terus dorong mereka terus untuk buat di sini, meski masih dalam tahap perakitan," ujarnya.

Dengan penguasaan pasars ekarang ini, maka Samsung pun kini layak menyandang gelar ponsel sejuta umat, gelar yang sebelumnya sempat dipegang Nokia dan BlakcBerry.