Search
Kamis 21 November 2019
  • :
  • :

Ralali Berbagi Strategi Membangun Bisnis Foodtruck

MAJALAH ICT – Jakarta. Kuliner kini tak sekadar hadir memenuhi kebutuhan dasar manusia, melainkan pengisi kegiatan bersantai dan gaya hidup. Tren ini lahir dari kreasi dan inovasi para pengusaha kuliner, yang berhasil membawa kuliner Indonesia menyumbang 41,40% terhadap product domestic brutto (PDB) pada 2016 (Data OPUS Bekraf). Kreasi yang dimaksud salah satunya adalah food truck, yakni usaha kuliner dengan spot berupa kendaraan yang dihias menarik dan bisa berpindah ke beberapa tempat. Usaha ini potensial, karena membutuhkan modal relatif terjangkau dan punya mobilisasi untuk berpindah tempat berjualan mengunjungi target pasar yang diinginkan.

Konsep food truck ramai ditemui di Kota Bandung. Pelaku usaha di kota ini seakan tak pernah kehabisan ide kreasi dan pemasaran produk kuliner khasnya. Untuk mendukung perkembangan usaha ini, Ralali.com sebagai B2B marketplace hadir membantu usaha tersebut melalui Workshop Kuliner Ralali (WKR) “Strategi Membangun Bisnis Foodtruck”. Bertempat di Aula Utama Universitas Islam Bandung pada Sabtu, 29 Juni 2019. Acara ini menjadi ajang berbagi wawasan, berjejaring, bahkan bertransaksi antar pelaku usaha food truck, pengusaha kuliner secara umum, juga peserta yang berniat terjun berbisnis kuliner. WKR telah diadakan sebanyak 15 kali sejak Mei 2018 dan menginspirasi 1260 peserta dari kalangan pengusaha di berbagai kota.

Head of Marketing Ralali.com, Jessica Carla mengatakan, “Tren food truck menarik untuk iklim usaha kuliner kekinian. Dengan keunikannya, food truck bisa menjadi wadah efektif untuk memasarkan kuliner lokal. Usaha ini potensial untuk bertahan lama karena punya peluang akan terus dicari pelanggan karena keunikannya. Namun, salah satu tantangannya adalah mencari pihak yang bisa menyuplai kebutuhan bahan baku, peralatan dan manajemen bisnis hulu ke hilir. Kini dengan akses digital, tantangan ini menjadi dipersempit dengan kemudahan yang dihadirkan Ralali.com dalam melayani kebutuhan pelaku UMKM.”

Selain itu, pelaku UMKM kuliner Kota Bandung dari kalangan food truck juga ikut berbagi wawasan di kegiatan ini, yakni Rizky Firyan selaku Owner of Waroeng Tansu dan Ketua Bdgfoodtruck, turut serta Ande Pramanda selaku Owner Sangu Ricebowl sekaligus Humas Bdgfoodtruck.

Ralali.com senantiasa memberikan solusi bisnis mitra Ralali (sebutan bagi seller UMKM dan UKM) dan Sahabat Ralali di Indonesia dengan mengedukasi, mengajak dan memberikan inovasi melalui teknologi dan beragam program bermanfaat. Hal ini diupayakan dengan pengembangan city expansion untuk menjangkau lebih banyak daerah di Indonesia. Ditambah dengan kolaborasi antara Ralali.com dengan Pemerintah, Brand Partners, Komunitas UKM dan UMKM serta Awak Media dapat meningkatkan perluasan informasi dan pemahaman pelaku bisnis di Indonesia untuk beralih menggunakan teknologi untuk meningkatkan daya saing dan kemudahan dalam berbisnis.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *