Search
Rabu 23 Oktober 2019
  • :
  • :

Ralali.com Berdayakan 96.000 Pekerja Lepas Bantu UMKM

MAJALAH ICT – Jakarta. Populasi pekerja lepas di Indonesia meningkat di tahun ini. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada akhir 2018, sebanyak 56,8% masyarakat Indonesia saat ini bekerja di sektor informal, yang diiringi peningkatan jumlah pekerja yang berwirausaha  di Indonesia, termasuk pekerja lepas atau freelancer. Per Mei 2019, dari total 136,18 juta orang dalam satu angkatan kerja, pekerja lepas mengambil porsi 4,55% (5,89 juta orang).

Selain menambah penghasilan dan mempertajam kemampuan, pekerja lepas juga diberdayakan untuk membantu mengembangkan ekosistem UMKM di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari peran pekerja lepas sebagai supporting partner bagi  UMKM, khususnya usaha yang berproses dalam peralihan dari sistem
konvensional menjadi digital. Seperti dikutip dari www.kominfo.go.id, Pelaksana Tugas Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo, Slamet Santoso mengatakan, 8 juta UMKM di Indonesia sedang berjalan ke digitalisasi atau tahap permulaan.

Dengan tingginya jumlah pekerja lepas dan dorongan kebutuhan mengembangkan UMKM, Ralali.com menjembataninya dengan menghadirkan BIG Agent pada 2018, aplikasi berbasis teknologi yang menghubungkan masyarakat ke berbagai macam pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan khususnya membantu bisnis UMKM. Baik aspek finansial maupun sosial untuk meningkatkan taraf hidup para pelaku usaha dan pekerjanya.

Aplikasi ini menyediakan kesempatan bagi mereka yang memiliki waktu luang dan perangkat gadget serta bisa mengerjakan tugas ini dimana saja. Mereka yang terdaftar menjadi Sobat Agent mayoritas berasal dari usia 21-25 tahun dan kalangan ibu rumah tangga, mahasiswa serta pengemudi ojek online. Jumlah ini meningkat 229.000% dari pertama kali diluncurkan, yakni berjumlah 96.226 pendaftar.

Keberadaan Sobat Agent tersebar di berbagai daerah, dengan proporsi terbanyak di provinsi Jawa Barat (18,71%), DKI Jakarta (11,45%) dan Jawa Timur (11,22%). Ralali.com tentu akan memperluas proporsi jumlah BIG Agent di daerah-daerah lain, seperti Jawa, Bali, dan Sumatera. Keberadaan Sobat Agent penting untuk memudahkan para pengusaha, khususnya dari kalangan UMKM agar bertransformasi dari bisnis konvensional menjadi lebih melek digital.

Jasa yang dilayani para Sobat Agent beragam. Berdasarkan data Ralali.com, dari total 17 project yang dilayani, the top three yang paling banyak digunakan adalah digital marketing UMKM (74,52%), survei pasar (14,29%), dan penjualan (4,25%). “Dengan ini, pelaku usaha bisa mendapat insight dan mengatur strategi penjualannya agar lebih tepat menyasar target pasar mereka,” ujar Head of BIG Agent, Peter Wijaya.

Mengusung semangat #2019antinganggur, BIG Agent akan mengajak 250.000 sobat agent baru di tahun ini, sehingga siapapun berhak memiliki pendapatan dan pekerjaan. Pemberdayaan ini diharapkan dapat tercapai seiring peningkatan kuantitas dan kualitas UMKM di Indonesia menjadi lebih berdaya saing bisnis di ranah digital.

 

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *