Search
Senin 24 Februari 2020
  • :
  • :

Resmi Lepas Elevenia, XL Axiata Fokus ke Bisnis Telekomunikasi dan Digital

MAJALAH ICT – Jakarta. PT XL Axiata Tbk resmi melepas Elevenia, platform e-commerce. Perusahaan ini telah menerima penawaran dari PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte Ltd melalui perjanjian jual beli saham bersayarat. Elevenia sendiri merupakan usaha patungan antara XL Axiata dan SKP Planet Korea, lewat perusahaan bersama bernama PT XL Planet.

Direktur Utama XL Axiata Dian Siswarini mengungkapkan, XL Axiata ingin kembali fokus mengelola bisnis intinya. Adapun tiga digital bisnis lainnya masih tetap dijalankan. Ditambahkan Dian, keputusan ini diambil mengingat profitabilitas bisnis di e-commerce semakin mengecil. Hal ini diiringi dengan masuknya pemain-pemain besar di dunia e-commerce sejak awal 2016 lalu.

Menurut Dian, dana yang didapat dari penjualan anak usaha ini nantinya akan digunakan untuk pengembangan infrastruktur dan jaringan LTE. “Kalau kami ingin terus di e-commerce akan dibutuhkan dana yang sangat besar. Sedangkan XL Axiata bergerak di industri yang juga butuh investasi besar juga. Kami tidak bisa mengelola dua bisnis yang membutuhkan dana besar,” ungkapnya.

Ditambahkannya, ke depan  XL Axiata akan fokus untuk mengembangkan bisnis telekomunikasi. “Fokus ke core bisnis aja sekarang atau digital bisnis yang sinerginya dekat dengan bisnis inti,” yakinnya.

Selain telekomunikasi, XL juga akan terus menumbukan bisnis digital entertainment, digital advertising, dan digital money. Menurutnya, digital entertainment berkontribusi sekitar 3%-4% terhadap pendapatan total XL.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *